Pelajar Barito Utara Ikuti Sosialisasi Phbs

id Pelajar Barito Utara Ikuti Sosialisasi Phbs, muara teweh, barut,

Pelajar Barito Utara Ikuti Sosialisasi Phbs

Ilusrasi (istimewa)

"Kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan tentang PHBS bagi setiap pelajar,...
Muara Teweh,  (ANTARA Kalteng)- Puluhan pelajar dari tingkat sekolah SLTP dan SLTA Kota Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, seta pembina usaha kesehatan sekolah (UKS) mengikuti kegiatan sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

"Kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan tentang PHBS bagi setiap pelajar, guru dan masyarakat lingkungan sekolah," kata Kepala Dinas Kesehatan Barito Utara (Barut), Robansyah di Muara Teweh, Kamis.

Menurut Robansyah, pembangunan kesehatan bertujuan meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap penduduk agar dapat mewujudkan derajat kesehatan yang setinggi-tingginya.

Masyarakat diharapkan mampu berperan sebagai pelaku pembangunan kesehatan dalam menjaga, memilihara dan meningkatkan kesehatannya sendiri serta berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan masyarakat, katanya.

"Harapan tersebut dapat terwujud apabila masyarakat diberdayakan sepenuhnya dengan segala daya yang dimiliki untuk dapat menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupannya sehari-hari," katanya.

Dia mengatakan, anak sekolah merupakan generasi penerus bangsa yang perlu dijaga, ditingkatkan dan dilindungi kesehatannya dan jumlah anak diperkirakan 30 persen dari total penduduk Indonesia.

Oleh karena itu, kata dia, menanamkan nilai-nilai PHBS di sekolah merupakan kebutuhan mutlak untuk menjaga, meningkatkan dan melindungi anak sekolah serta dapat dilakukan melalaui pendekatan usaha kesehatan sekolah sedangkan penerapan PHBS di sekolah merupakan salah satu upaya strategis untuk menggerakkan dan memperdayakan sekolah dan lingkungannya untuk hidup bersih dan sehat.

"Materi yang akan disampaikan oleh nara sumber tentang perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan metode ceramah dan tanya jawab," katanya.





(T.K009/C/F002/F002)