Bupati-wali Kota Diminta Perhatikan Target Mdgs

id gubernur kalteng, mdgs kalteng, palangka raya, rpjmd kalteng

Bupati-wali Kota Diminta Perhatikan Target Mdgs

Agustin Teras Narang, SH

"....kita juga berkewajiban mencapai sasaran yang telah ditetapkan dalam MDGs,"
Palangka Raya, Kalteng, 11/10 (ANTARA) - Bupati dan Walikota diminta untuk memperhatikan capaian target Millenium Development Goals (MDGs) yang harus dicapai dicapai pada 2015, kata Gubernur Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang.

"Selain untuk mencapai sasaran pembangunan jangka panjang menengah daerah (RPJMD) tahun 2010-2015, kita juga berkewajiban mencapai sasaran yang telah ditetapkan dalam MDGs," katanya melalui Wakil Gubernur Achmad Diran di Palangka Raya, Kamis.

Pembangunan millenium yang meliputi tujuh tujuan, dengan 15 target dan 41 indikator MDGs, katanya pada Rapat Koordinasi Pengendalian (Rakordal) Pelaksanaan Rencana Pembangunan Triwulan III Tahun 2012.

Ia mengatakan, Provinsi Kalteng telah berhasil mencapai beberapa target dari 15 target MDGs yang harus dicapai pada tahun 2015.

"Namun ada beberapa target masih harus menjadi perhatian serius kita bersama untuk mencapainya karena masih jauh dari target MDGs yang ditetapkan," katanya.

Sebagaimana diketahui telah membuat Rencana Aksi Daerah Percepatan Pencapaian MDGs (RAD-MDGs) Provinsi Kalimantan Tengah dan telah ditetapkan dengan Peraturan Gubernur Kalimantan Tengah Nomor 40 Tahun 2011.

Berdasarkan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan tahun 2012, beberapa program/kegiatan yang telah direncanakan dalam RAD tersebut belum terlaksana dengan baik.

Teras Narang minta kepala SKPD provinsi dan kepala instansi vertikal mengawal program/kegiatan yang telah direncanakan sampai dengan tahun 2015 yang termuat RAD-MDGs Provinsi Kalteng 2011-2015 dan program/kegiatan pendukung lainnya pada anggaran tahun 2013.

"Sedangkan kepada bupati/wali kota saya minta untuk melaksanakan program/kegiatan yang bersumber dana dari APBD kabupaten/kota untuk mendukung tercapainya MDGs di Provinsi Kalimantan Tengah," katanya.***3***

(T.KR-GR/B/S019/S019)