Pelajar SMP/MTS Kotim Ikut Penjaringan Duta Sanitasi

id Pelajar SMP/MTS, Kotim Ikut Penjaringan Duta Sanitasi

Pelajar SMP/MTS Kotim Ikut Penjaringan Duta Sanitasi

Dalam lomba dan penjaringan duta sanitasi tersebut pemenang I, II dan III mendapatkan uang tunai dan piala serta berhak mewakili Kabupaten Kotim untuk mengikuti seleksi duta sanitasi di tingkat provinsi Kalteng, Minggu (3/3). (FOTO ANTARA Kalteng/Unt

Untuk menjaring duta sanitasi 2013 itu kami lakukan melalui lomba poster dan karya tulis tentang lingkungan,"
Sampit, Kalteng, 2/3 (ANTARA)- Sedikitnya 66 pelajar tingkat SMP/MTs sederajat Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah mengikuti penjaringan duta sanitasi 2013.

"Untuk menjaring duta sanitasi 2013 itu kami lakukan melalui lomba poster dan karya tulis tentang lingkungan," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kotim, Makmur di Sampit, Sabtu.

Dari 66 pelajar SMP/MTs sederajat yang menjadi peserta lomba tersebut merupakan perwakilan atau utusan dari 17 sekolah yang ada di Kabupaten Kotim.

Untuk lomba poster diikuti oleh 34 pelajar, sedangkan peserta lomba karya tulis diikuti oleh 32 pelajar.

Bagi peserta pemenang lomba I, II dan III nantinya akan mendapatkan hadiah uang tunai dan piala serta berhak mengikuti seleksi duta sanitasi ke provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Menurut Makmur, untuk juara I akan mendapatkan hadiah uang tunia sebesar Rp1,5 juta, juara II sebesar Rp1 juta dan juara III Rp750.000.

Sedangkan untuk juara harapan I dan II mendapatkan bingkisan dan piala serta tidak berhak mengikuti seleksi duta sanitasi di provinsi Kalteng.

"Lomba tersebut kami gelar untuk menjaring duta sanitasi 2013 tingkat kabupaten, dan bagi mereka yang terpilih nantinya akan mewakili Kabupaten Kotim dalam seleksi duta sanitasi di tingkat provinsi Kalteng, begitu seterusnya yang lolos seleksi di tingkat provinsi akan mewakili Kalteng di tingkat nasional," katanya.

Melalui lomba poster dan karya tulis tersebut para pelajar diberikan kesempatan untuk menyampaikan pesan mengenai harapan akan lingkungan pemukiman yang bersih, sehat dan harmonis.

Dengan adanya lomba poster dan karya tulis itu diharapkan dapat digunakan pelajar sebagai sarana media penyampaian pesan mengenai lingkungan dan sanitasi kepada pemerintah dan masyarakat.

Duta sanitasi diharapkan dapat berperan dalam berbagai kegiatan dalam hal meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat pada bidang sanitasi di kalangan anak-anak.




(T.KR-UTG/B/Y006/Y006)