Palangka Raya, 19/10 (Antara) - Ketua DPRD Palangka Raya Sigit K Yunianto mengaku tidak mengetahui siapa calon sekretaris daerah Pemerintah Kota setempat yang diusulkan ke Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menggantikan Sanijan Toembak.

Idealnya usulan pemkot tersebut ditembuskan kepada DPRD sebagai mitra kerja tapi sampai sekarang belum ada, kata Ketua DPRD Palangka Raya itu, Jumat.

"Jadi kalau ditanya siapa saja calon Sekda pengganti Sanijan yang pindah tugas ke Pemerintah Kabupaten Kapuas, kami tidak tahu. Silahkan tanyakan langsung ke Pemkot saja," tambah dia.

Dirinya pun menyayangkan sikap pemkot khususnya Wali Kota Palangka Raya Riban Satia yang kurang melibatkan DPRD dalam pengusulan calon sekda.

"Tembusan nama calon sekda saja tidak diberikan apalagi meminta nota pertimbangan. Semoga kedepan tidak terjadi seperti itu lagi," kata Ketua DPRD Palangka Raya itu.

Ia mengatakan peran sekda sangat penting dalam memajukan pembangunan di Palangka Raya sehingga DPRD sebagai mitra Pemkot seharusnya dilibatkan atau setidaknya diberikan tembusan.

Sebagai wakil rakyat pihaknya sama sekali tidak ingin mencampuri proses penentuan calon sekda, karena itu wewenang Pemkot yang diajukan ke Gubernur untuk ditetapkan dan disampaikan ke Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Kami sebenarnya tidak mempermasalahkan siapa sekda kedepan, tapi setidaknya DPRD bisa diketahui nama maupun profil yang diusulkan pemkot," kata Ketua DPRD Palangka Raya itu.




(T.KR-JWM/C/N001/N001)

Editor: Ronny
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarakalteng.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar