Katy Perry Juarai Billboard

id Katy Perry

Katy Perry Juarai Billboard

Katy Perry (ANTARA/Rosa Panggabean)Istimewa

Los Angeles (ANTARA News) -  Bintang pop Katy Perry menjuarai tangga Billboard 200 dengan album barunya, "Prism".

"Prism" merupakan album studio keempat Perry dengan single andalan "Roar". Album itu terjual sebanyak 286.000 copy pada pekan pertama, menurut angka yang dirilis Nielsen SoundScan.

Album terbaru Perry mengalahkan "Bangerz" milik Miley Cyrus yang terjual sebanyak 270.000 copy pada pekan pertamanya, awal bulan ini, menurut Reuters.

Album ini juga didongkrak oleh popularitas single "Roar" yang berada di puncak tangga lagu Billboard Hot 100.

Sayangnya, penjualan di pekan pertama "Prism" tidak sebesar debut terbesar tahun ini. Justin Timberlake dengan "the 20/20 Experience" membuka pekan pertamanya dengan 968.000 copy pada bulan Maret lalu. Selain Timberlake, album Jay Z, Kanye west, dan Daft Punk juga banyak terjual awal tahun ini.

Secara keseluruhan, penjualan album hingga 27 Oktober turun ke rekor terendah 4,5 juta unit. Bila dibandingkan dengan tahun lalu, penjualan album secara umum turun, sebagian karena pendengar memiliki platform digital baru untuk mendengar musik, umumnya secara cuma-cuma.

Tangga album Billboard 200 menghitung penjualan fisik maupun digital. Selain Perry, sejumlah musisi juga menduduki 10 besar Billboard 200, seperti Fifth Harmony di nomor enam dengan "Better Together", DJ Khaled "Suffering Succes" (7), dan rocker AFI dengan "Burials" di posisi 9.

Di Billboard Digital Song, pendatang baru asal Selandia Baru, Lorde, berada di posisi puncak dengan "Royala". DJ Avicii dengan "Wake Me Up" naik dua tingkat hingga menduduki tempat kedua.

"Do What U Want", single terbaru milik Lady Gaga yang berkolaborasi dengan R. Kelly berada di nomor 3.

Penerjemah: Natisha Andarningtyas