KPU-Pramuka Kerja Sama Sosialisasikan Pemilu

Komisi Pemilihan Umum (KPU) (ANTARA) Istimewa

Pramuka merupakan tempat berkumpulnya para pemuda, untuk itu kami menggandeng mereka dalam menyosialisasikan Pemilu legislatif 2014,"
Berita Terkait
Oleh Untung Setiawan



Sampit, 11/11 (Antara) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, berkerja sama dengan Pramuka daerah setempat menyosialisasikan Pemilihan Umum Legislatif 2014.

"Pramuka merupakan tempat berkumpulnya para pemuda, untuk itu kami menggandeng mereka dalam menyosialisasikan Pemilu legislatif 2014," kata anggota KPU Kabupaten Kotim Benny Setia di Sampit, Senin.

Keberadaan pemuda usia 17 tahun merupakan pemilih pemula dalam Pemilu Lesgistif 2014 perannya dalam menggunakan hak suaranya sangat diharapkan.

Dengan digandengnya Pramuka dalam sosialisasi Pemilu legislatif 2014 diharapan mampu menekan angka golongan putih di kalangan pemilih pemula terutama di kalangan Pramuka itu sendiri.

Pemilih pemula di Kabupaten Kotim pada Pemilu Legislatif 9 April 2014 terbilang cukup besar, yakni mencapai 34 persen dari total dapftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 317.651 pemilih.

"Keberadaan pemilih pemula Kabupaten Kotim memiliki potensi cukup besar, untuk itu keberadaan mereka menjadi sasaran sosialisasi KPU agar tidak menjadi generasi yang kurang percaya terhadap pelaksanaan Pemilu legislatif nanti," katanya.

Sosialisasi terhadap pemilih pemula sebagai langkah yang tepat untuk melibatkan mereka secara langsung dalam pemilu legislatif yang akan digelar pada 9 April 2014.

Dengan sosialisasi dan penyuluhan tersebut diharapkan mampu menumbuhkan kesadaran para pemilih pemula.

"Kami berharap para pemilih pemula yang ada di Kabupaten Kotim nantinya menggunakan hak pilihnya pada Pemilu Legislatif 2014," ucapnya.

Selain menjadi tugas KPU, partai politik juga diharapkan turut berperan aktif dalam menyosialisasikan Pemilu legislatif 2014 kepada pemilih pemula.

Daftar pemilih tetap Kabupaten Kotim pada Pemilu Legislatif 9 April 2014 telah ditetapkan dan mengalami pengurangan sebanyak 1.420 pemilih dari jumlah pemilih sebelumnya.

"Sebelum dilakukan perbaikan, jumlah pemilih di Kabupaten Kotim ada sebanyak 319.071 pemilih dan setelah dilakukan perbaikan menjadi 317.651 pemilih atau berkurang sebanyak 1.420 pemilih," jelasnya.

Berkurangnya jumlah pemilih di Kabupaten Kotim terjadi karena ditemukannya data pemilih ganda, sehingga harus dilakukan penghapusan.

Dengan telah diperbaharuinya jumlah pemilih dengan menghapus data pemilih ganda, diharapkan jumlah pemilih pada Pemilu Legislatif 2014 tidak terjadi perubahan.

Dari 317.651 pemilih tersebut terdiri dari 171.277 pemilih laki-laki dan 146.374 pemilih perempuan.

Juniardi mengimbau masyarakat yang memiliki hak pilih, namun belum terdaftar dalam DPT untuk tetap menggunakan hak pilihnya.

Bagi masyarakat yang belum terdaftar dan masuk dalam DPT nantinya akan dimasukan dalam pemilih khusus yang nantinya diproses oleh KPU provinsi Kalteng atau bisa juga menggunakan kartu tanda penduduk sesuai alamat yang tertera dalam KTP.



(T.KR-UTG/B/N002/N002) 

Editor: Ronny
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarakalteng.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar