Bupati Soroti Kebersihan Pasar Di Sampit

id Bupati Soroti Kebersihan Pasar Di Sampit , Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, H Supian Hadi

Bupati Soroti Kebersihan Pasar Di Sampit

Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, H Supian Hadi. (FOTO ANTARA Kalteng/Untung setiawan)

Saya ingin semua pasar lebih bersih sehingga masyarakat nyaman berbelanja. Saya minta ini menjadi perhatian serius dinas terkait,"
Sampit (Antara Kalteng) - Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, H Supian Hadi menyoroti kebersihan pasar-pasar yang ada di Sampit yang menurutnya harus dibersihkan lagi.

"Saya ingin semua pasar lebih bersih sehingga masyarakat nyaman berbelanja. Saya minta ini menjadi perhatian serius dinas terkait," kata Supian di Sampit, Sabtu.

Selain memang menjadi keharusan, menurutnya kebersihan pasar menjadi sangat penting bagi Kotim yang saat ini berambisi untuk meraih Adipura untuk ketiga kalinya.

Seperti diketahui, dua tahun berturut-turut Sampit di bawah kepemimpinan Supian Hadi berhasil meraih piala Adipuran untuk kategori kota kecil.

Pasar merupakan salah satu titik yang menjadi penilaian oleh tim penilai Adipura sehingga wajar jika Supian meminta agar kebersihan pasar ditingkatkan.

Sampit meraih nilai tertinggi pada P1 (penilaian tahap pertama) di Kalteng. Untuk itulah pemkab makin gencar menggalakkan kebersihan lingkungan supaya Sampit berhasil meraih Adipura untuk ketiga kalinya pada penilaian terakhir bulan depan.

Secara internal, seluruh satuan kerja perangkat daerah untuk sama-sama bergerak membantu membersihkan kota, terlebih di titik-titik yang menjadi penilaian Adipura di kota berjuluk Kota Mentaya ini.

Masalah kebersihan bukan hanya tanggung jawab Dinas Pekerjaan Umum dan Badan Lingkungan Hidup, melainkan semua unsur pemerintahan harus ikut berperan.

Peran masyarakat juga sangat menentukan agar kebersihan dan keindahan Sampit tetap terjaga dengan cara membersihkan lingkungan masing-masing.

Tidak hanya terkait target piala Adipura, langkah ini juga untuk menanamkan budaya hidup bersih dan sehat. Apalagi, Sampit akan menjadi tuan rumah Musabaqah Tilawatil Qur`an XVII Tingkat Provinsi Kalteng yang akan digelar pada 11 hingga 17 Mei 2014 ini.

"Piala Adipura bukan tujuan utama kita, karena yang terpenting adalah bagaimana masyarakat kita bisa menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Buktinya, ketika kebersihan Sampit meningkat dua tahun terakhir sehingga kita mendapat Adipura, ternyata juga berkorelasi pada penurunan berbagai kasus penyakit," ucap Supian.



(T.KR-NJI/B/M009/M009)