Persiapan MTQ Provinsi Kalteng Sudah 90 Persen

id MTQ Sampit, Kotim, HM Taufiq Mukri

Persiapan MTQ Provinsi Kalteng Sudah 90 Persen

Wakil Bupati Kotim, Muhammad Taufiq Mukri (Istimewa)

Persiapan sudah mencapai 90 persen.
Sampit (Antara Kalteng)- Persiapan Musabaqah Tilawatil Quran XXVII yang akan dilaksanakan di Sampit pada 8 hingga 18 Mei di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, sudah mencapai 90 persen.

"Persiapan sudah mencapai 90 persen. Pembenahan stadion dipastikan rampung sebelum pembukaan. Panggung utama dan tribun mulai dibangun pada H-5 dan ditarget selesai H-2. Persiapan lainnya sudah siap," kata Wakil Bupati Kotim, HM Taufiq Mukri di Sampit, Sabtu.

Taufiq kembali menegaskan bahwa Kotim siap menggelar MTQ dengan semarak dan berkesan bagi kafilah dari seluruh kabupaten/kota di Kalteng. Berbagai persiapan terus dimatangkan dengan melibatkan semua pihak.

Pemondokan untuk para kafilah juga telah disiapkan di Kecamatan Mentawa Baru Ketapang dan Baamang. Panitia sudah memastikan bahwa rumah-rumah atau bangunan yang akan digunakan untuk pemondokan, layak dan memenuhi syarat.

"Pemerintah daerah berharap pelaksanaannya nanti berjalan lancar dan sukses. Pembukaan akan dilaksanakan di stadion (Stadion 29 November) makanya pembenahan stadion terus dikerjakan supaya selesai tepat waktu," kata Taufiq.

Sekadar diketahui, Kotim berambisi meraih sukses ganda dalam MTQ tahun ini yakni sukses sebagai pelaksana dan sukses menjadi juara umum. Karena panitia dan kafilah Kotim diminta bekerja maksimal untuk mempersembahkan yang terbaik.

Terkait sosialisasi MTQ, beberapa hari terakhir pemerintah daerah sudah mengumumkan kepada masyarakat menggunakan mobil siaran keliling yang mengumumkan sekaligus mengajak masyarakat untuk menghadiri acara tersebut.

Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an juga telah melakukan sosialisasi secara online. Calon peserta maupun masyarakat yang membutuhkan informasi tentang rencana pelaksanaan MTQ XXVII Tingkat Provinsi Kalteng bisa mengakses www.lptq.kotimkab.go.id.

Untuk diketahui, cabang yang dilombakan yakni Tilawah Al Quran untuk golongan dewasa putera dan puteri umur maksimal 40 tahun 8 bulan 29 hari, golongan remaja putera dan puteri umur maksimal 19 tahun 8 bulan 29 hari, golongan anak-anak ptera dan puteri umur maksimal 13 tahun 8 bulan 29 hari, golongan tartil putera dan puteri umur maksimal 10 tahun 8 bulan 29 hari serta golongan qira'at Al Qur'an Al Mujawwad putera dan puteri umur maksimal 40 tahun 8 bulan 29 hari.

Cabang Hafiz Al Quran meliputi golongan 1 juz dan tilawah putera dan puteri umur maksimal 12 tahun 8 bulan 29 hari, golongan 5 juz dan tilawah putera dan puteri umur maksimal 14 tahun 8 bulan 29 hari, golongan 10 juz putera dan puteri umur maksimal 16 tahun 8 bulan 29 hari, golongan 20 juz putera dan puteri umur maksimal 18 tahun 8 bulan 29 hari serta golongan 30 juz putera dan puteri umur maksimal 20 tahun 8 bulan 29 hari.

Cabang Tafsir Al-Quran meliputi golongan Bahasa Arab putera dan puteri, hafalan 30 Juz dan Tafsir Juz IV umur maksimal 20 tahun 8 bulan 29 hari, golongan Bahasa Indonesia putera dan puteri, hafalan 30 juz dan tafsir juz IX umur maksimal 29 tahun 8 bulan 29 hari.

Cabang Fahmil Al-Quran satu regu atau kelompok terdiri tiga orang remaja putera/puteri atau campuran, pendidikan Tsanawiyah/SMP atau Aliyah/SMU. Umur maksimal 18 tahun 8 bulan 29 hari.

Untuk cabang Syarh Al-Quran satu regu atau kelompok terdiri tiga orang remaja Putera/Puteri atau campuran, pendidikan Tsanawiyah/SMP atau Aliyah/SMU umur maksimal 18 tahun 8 bulan 29 hari.

Cabang Khath Al-Quran meliputi golongan Naskah (penulisan buku) putera dan puteri, golongan hiasan mushaf putera dan puteri, golongan dekorasi putra dan putri umur maksimal untuk semua golongan 35 tahun.

Sedangkan cabang terakhir yaitu Musabaqah Makalah Al Quran (MMQ) putra dan putri umur maksimal 24 tahun 8 bulan 29 hari.

(T.KR-NJI/B/Y006/Y006)