Gerakan Koperasi Untuk Majukan Ekonomi Masyarakat Barsel

id Gerakan Koperasi Untuk Majukan Ekonomi Masyarakat Barsel

Gerakan Koperasi Untuk Majukan Ekonomi Masyarakat Barsel

Ilustrasi, Logo Koperasi Indonesia (Istimewa)

Supaya program tersebut dapat tercapai, maka salah satu kegiatan penunjangnya pada bidang koperasi,"
Buntok (Antara Kalteng) - Pemberdayaan ekonomi kerakyatan melalui gerakan koperasi merupakan salah satu upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Selatan, Kalimantan Tengah untuk memajukan ekonomi masyarakat setempat.

Asisten II Setda Barsel, Drs Jumadi mengatakan hal tersebut telah tertuang dalam sapta program Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Barsel 2011-2016.

"Supaya program tersebut dapat tercapai, maka salah satu kegiatan penunjangnya pada bidang koperasi,"kata Jumadi membacakan sambutan Bupati Barsel, Ir HM Farid Yusran pada acara pelatihan teknis pembukuan keuangan koperasi, di Buntok, Selasa.


Karena dalam melaksanakan kegiatannya, setiap koperasi berdasarkan usaha bersama atas azas kekeluargaan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mempercepat program pengentasan kemiskinan.

"Oleh karena itu diharapkan kegiatan ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh peserta supaya pengetahuan dalam menjalankan tugasnya dapat terus meningkat,"ucap Jumadi.

Sementara Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Dan UMKM Barsel Agus Taruna, SH, menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengurus dalam melaksanakan pembukuan.

"Selain itu bertujuan agar pengurus/pengelola koperasi mampu membuat laporan keuangan dengan baik, transparan, akuntabel sehingga pelaksanaan rapat tahunan anggota dapat berjalan tepat waktu,"jelasnya.

Acara pelatihan teknis pembukuan keuangan koperasi simpan pinjam yang berlangsung di aula hotel Afiat Jaya Buntok tersebut diikuti oleh 30 orang pengurus koperasi dari empat kecamatan diwilayah setempat.