Legislator Minta Masyarakat Waspadai Pelecehan Seksual

id Muhammad Faisal, Legislator Minta Masyarakat Waspadai Pelecehan Seksual

Legislator Minta Masyarakat Waspadai Pelecehan Seksual

Ketua Komisi III DRPD Kota Palangka Raya, Muhamad Faisal. (FOTO ANTARA Kalteng/Ronny Nuelson Tumon)

Peran dan kontrol orang tua sangat tepat dalam bertanggung jawab terhadap keselamatan anaknya,"
Palangka Raya (Antara Kalteng) - Anggota DPRD Kota Palangka Raya meminta kepada masyarakat setempat agar dapat lebih waspada terhadap perilaku pelecehan seksual yang dilakukan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab.

"Saat ini peran orang tua sangat diperlukan untuk lebih memperhatikan anak-anak mereka, sebab pelecehan seksual dapat terjadi kapan dan dimana saja," kata Ketua Komisi III DPRD Kota Palangka Raya Muhamad Faisal, saat dikonfirmasi di Palangka Raya, Kamis.

Menurut dia, orang tua saat ini harus selalu memberikan peringatan kepada anak-anaknya tentang hal ini.

"Peran dan kontrol orang tua sangat tepat dalam bertanggung jawab terhadap keselamatan anaknya," ucap Faisal.

Ia menilai, saat ini masih banyak terjadi kasus asusila terhadap anak sekolah yang dilakukan oleh orang luar atau tenaga pendidik di beberapa daerah, apalagi anak-anak yang lebih banyak menghabiskan waktu di sekolah sangat rentan terjadi pelecehan seksual.

Pihaknya sangat menyayangkan apabila mempengaruhi psikologis anak dalam perkembangan dan pertumbuhannya. Masa depan anak menjadi suram dan trauma yang cukup berkepanjangan. Trauma itu dapat berbuah menjadi rasa malu dalam kehidupan sosialnya.

Oleh sebab itulah, pihak DPRD Palangka Raya mengimbau sekaligus meminta kepada masyarakat "Kota Cantik" Palangka Raya bisa lebih mengawasi anaknya baik yang berada di sekolah maupun ditempat lain.

Ia juga mengingatkan kepada masyarakat setempat khususnya orang tua, bisa lebih berhati-hati dan selalu mengawasi anaknya dari gerak-gerik yang mencurigakan orang yang tidak dikenal maupun yang sudah dikenal. Terutama dilingkungan sekolah.


(T.KR-RON/B/R010/R010)