PWI Kalteng Gelar Pelatihan Teknologi Informatika

id PWI Kalteng Gelar Pelatihan Teknologi Informatika, Sutransyah,

PWI Kalteng Gelar Pelatihan Teknologi Informatika

Ketua PWI Cabang Kalteng, H Sutransyah. (FOTO ANTARA Kalteng/Ronny NT)

... Pengetahuan teknologi informatika menjadi bagian penting dalam tugas wartawan,"
Sampit (Antara Kalteng) - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalimantan Tengah akan menggelar pelatihan Teknologi Informatika yang diharapkan diikuti seluruh wartawan di provinsi ini agar lebih menguasai teknologi.

"Teknologi Informatika penting untuk menunjang pekerjaan seorang jurnalis, jadi tidak bisa dianggap remeh. Apalagi perkembangan media saat ini sudah mengarah ke era digital. Pengetahuan teknologi informatika menjadi bagian penting dalam tugas wartawan," ungkap Ketua PWI Kalteng Sutransyah di Palangka Raya, Kamis.

Pelatihan ini rencananya digelar Sabtu (26/4/2014) di aula Hotel Barito Sweet Shinta Palangka Raya. PWI menghadirkan dua narasumber yang erat kaitannya dengan kepentingan media dalam pemanfaatan TI.

Narasumber yang akan hadir yaitu Pemimpin Redaksi detik.com Arifin Asydhad dan Viktor H yang merupakan dosen TI di Universitas Palangka Raya.

Pelatihan TI untuk wartawan se-Kalteng itu merupakan program kerja pengurus PWI periode 2009-2014 dalam upaya meningkatkan sumber daya wartawan. Selain itu, merupakan bentuk tindak lanjut hasil konsulidasi organisasi di Jawa Barat dan Jawa Timur, beberapa waktu lalu.

"Hasil konsulidasi organisasi di dua provinsi itu cukup membuat kita tercengang. Pasalnya kemajuan TI di Indonesia sudah tidak bisa dibendung lagi. Karena itu, kita ingin memberikan ilmu soal TI kepada wartawan di Kalteng. Hal itu agar wartawan melek teknologi," tegas Sutran.

Saat melakukan konsulidasi organisasi, jelas Sutran, pengurus berkunjung ke PWI Jawa Barat dan Harian Pikiran Rakyat. Selanjutnya pengurus mengunjungi Harian Surya dan JTV. Dalam kunjungan itu, pengurus mendapatkan berbagai informasi terkait dengan perkembangunan media digital.

Tidak menutup kemungkinan dalam satu atau dua tahun kedepan, media digital itu akan mulai merambah di Kalteng. Karena itu, PWI ingin menyiapkan wartawan Kalteng dalam menyambut era media digital. Jangan sampai ketika media digital, banyak wartawan yang tersisih dan kalah bersaing.



(T.KR-NJI/B/Y006/Y006)