Sutransyah Kembali Jadi Ketua PWI Kalteng

id Sutransyah Kembali Jadi Ketua PWI Kalteng, Muhammad Yusuf, pemimpin sidang pleno pemilihan ketua PWI Kalteng

Sutransyah Kembali Jadi Ketua PWI Kalteng

Muhammad Yusuf (tengah) saat memimpin sidang pleno pemilihan ketua PWI Kalteng tahun 2014 di salah satu hotel Palangka Raya. (FOTO ANTARA Kalteng/Ronny NT)

...maka hanya beliau yang memenuhi syarat sehingga otomatis terpilih Ketua PWI Kalteng periode 2014-2019,"
Palangka Raya (Antara Kalteng) - Untuk ketiga kalinya, H Sutransyah terpilih menjadi Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kalimantan Tengah melalui Konferensi VII PWI setempat yang berakhir Sabtu dini hari.

"Karena hanya satu calon yaitu H Sutransyah yang memenuhi syarat yakni minimal memperoleh 20 persen dukungan, maka hanya beliau yang memenuhi syarat sehingga otomatis terpilih Ketua PWI Kalteng periode 2014-2019," kata Muhammad Yusuf, pemimpin sidang pleno pemilihan ketua PWI Kalteng di Palangka Raya, Sabtu.

Konferensi VII PWI Provinsi Kalteng dibuka pada Jumat sore oleh Wakil Gubernur H Achmad Diran, kemudian dilanjutkan dengan buka puasa bersama. Rapat pleno secara maraton digelar sehabis shalat Tarawih hingga Sabtu dini hari.

Saat pleno pemilihan Ketua PWI Kalteng, pimpinan sidang melaksanakan tahapan pemilihan dimulai dengan penjaringan calon ketua. Dalam tata tertib yang ditetapkan beberapa saat sebelumnya, nama yang diusung berhak ditetapkan sebagai calon Ketua PWI Kalteng jika berhasil mengantongi minimal 20 persen dari suara sah.

Setelah melalui pemungutan suara, ada tujuh nama yang muncul yaitu H Sutransyah yang merupakan incumbent, H Hamli Tulis, Abdillah, Viktor Giroth, Olly Suryono, Heronika dan Ingkit Djaper.

Hasil penghitungan, Sutransyah memperoleh 238 suara, Hamli Tulis memperoleh 74 suara, Abdillah memperoleh 62 suara, Viktor Giroth memperoleh 11 suara, Olly Suryono 4 suara, Heronika 4 suara dan Ingkit Djaper memperoleh 1 suara.

Jika dipersentasekan maka hanya Sutransyah yang merupakan satu-satunya peraih suara lebih dari 20 persen, sedangkan bakal calon lainnya di bawah 20 persen. Artinya sesuai dengan aturan maka hanya Sutransyah yang memenuhi syarat menjadi calon, sekaligus otomatis dinyatakan menjadi ketua terpilih.

Ini merupakan ketiga kalinya Sutransyah menjadi Ketua PWI Kalteng. Selain merupakan periode kedua yang dijabat secara berturut-turut, sebelumnya Sutransyah sudah pernah menjadi ketua PWI Kalteng.

Sutransyah dinyatakan tidak melanggar aturan untuk kembali maju dan kemudian terpilih menjadi Ketua PWI Kalteng meski ini merupakan kepemimpinan periode ketiga baginya. Dua kali jabatan ketua sebelumnya dijabatnya dengan ada masa jeda satu periode kepengurusan yang dipimpin ketua lainnya.

"Saya sangat berterima kasih atas kepercayaan yang sangat besar ini. Kita harus sama-sama mempunyai tekad memajukan daerah kita ini. Banyak program yang harus kita lanjutkan bersama," kata Sutransyah.



(T.KR-NJI/B/Z002/Z002)