Turki Tahan 55 Perwira Senior Polisi

id Turki Tahan 55 Perwira Senior Polisi,

Ankara (ANTARA News) - Pihak berwenang Turki, Selasa menahan 55 perwira senior polisi dalam satu penyelidikan tindak pidana menyangkut korupsi dan penyalahgunaan jabatan, tindakan keras terhadap para lawan Perdana Menteri Recep Tayyip Erdogan menjelang pemilihan presiden.

Sejumlah 40 perwira aktif dan mantan polisi ditahan di Istanbul. termasuk mantan kepala unit anti-terorisme kepolisian Istanbul, Omar Kose, kata laporan-laporan televisi.

Sejumlah 15 orang lainnya ditahan di berbagai tempat, dalam apa yang laporan-laporan katakan satu pembersihan baru terhadap gerakan bekas sekutu Erdogan, Fethullah Gulen tidak lama setelah satu skandal korupsi luas yang melibatkan perdana menteri itu dan orang-orang dalamnya.

Dalam satu operasi besar-besaran yang dllakukan pada Selasa pagi, polisi di Istanbul saja memeriksa hampir 200 alamat. Gambar-gambar televisi menunjukkan para perwira senior polisi dibawa ke luar dengan tangan diborgol.

Surat kabar Hurriyet dalam lamannya mengatakan penangkapan secara serentak itu dilakukan di 22 kota di seluruh Turki.

Para tersangka ditudu melakukan kegiatan mata-mata, penyadapan ilegal, pemalsuan dokumen-dokumen resmi,pelanggaran kebebasan pribadi, merekayasa bukti dan pelanggaran rahasia pemeriksaan, kata laporan-laporan itu.

Erdogan menuduh para pendukung Gulen memilii pengaruh yang kuat di kalaagan kepolisian dan pengadilan dan teribat korupsi untuk menjatuhkan pemerintahnya menjelang pemilihan lokal Maret.

Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) menoreh satu kemenangan besar dalam pemilihan lokal itu dan perdana menteri itu kini siap menghadapi pemilihan presiden yang akan diselenggarakan 10 Agustus, demikian AFP melaporkan.

(SYS/H-RN/H-AK)