Polda Kalteng Lepas 60 Rombongan Mudik Gratis

id Polda Kalteng Lepas 60 Rombongan Mudik Gratis

Polda Kalteng Lepas 60 Rombongan Mudik Gratis

Dir Lantas Polda Kalteng Kombes Pol Winarto ketika menyalami para pemudik Lebaran. (Istimewa)

Kami melakukan hal ini sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat Kalteng dalam mengurangi angka kecelakaan lalulintas terutama bagi para pemudik baik dari antar kota maupun antar provinsi,"
Palangka Raya (Antara Kalteng) - Direktorat lalulintas Polda Kalteng, Sabtu, melepas 60 pemudik dari Palangka Raya menuju Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan dalam rangka mudik gratis 2014.

"Program mudik gratis ini kami lakukan setiap tahunnya. Terutama bagi pemudik yang memakai kendaraan bermotor, sekaligus menekan angka kecelakan lalulintas selama menghadapi Lebaran," kata Dir Lantas Polda Kalteng Kombes Pol Winarto di Palangka Raya.

Pada kegiatan tersebut pihak Polda Kalteng telah menyediakan sebanyak dua buah armada angkutan bus dan satu buah truk untuk melayani 60 pemudik gratis.

Para pemudik garatis ini nantinya akan dikawal oleh para petugas Polda Kalteng hingga tiba di Banjarmasin. Dan menjamin untuk memastikan keselamatan para pemudik Lebaran sampai ke tujuan.

Menurut Winarto, berdasarkan hasil evaluasi bahwa untuk tingkat kecelakaan lalulintas paling banyak terjadi pada pengendara roda dua terutama dalam menghadapi Lebaran. Sehingga pihaknya cukup prihatin dengan kejadian akan hal itu.

"Kami melakukan hal ini sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat Kalteng dalam mengurangi angka kecelakaan lalulintas terutama bagi para pemudik baik dari antar kota maupun antar provinsi," ucapnya.

Biasanya yang paling mendominasi pada kecelakaan lalulintas yaitu kendaraan roda dua, tambah Dir Lantas Polda Kalteng itu.

Oleh sebab itulah dengan adanya program mudik gratis ini, paling tidak bisa mengurangi angka kecalakaan terhadap pengguna kendaraan roda dua, terlebih lagi saat menghadapi Hari Raya Idul Fitri.

Selanjutnya ia menjelaskan, untuk mudik gratis tahun ini tidak jauh beda dengan tahun sebelumnya.

Pihaknya juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Kalteng yang ingin mudik Lebaran bisa lebih wasapada dan selalu berati-hati dijalan. Lengkapi semua surat-surat kendaraan roda dua maupun empat dan ikuti aturan berlalulintas.

Dan jangan memaksa apabila keadaan fisik mulai lelah, lebih baik berhenti dan beristirahat sejenak.



(T.KR-RON/B/B012/B012)