Pemilik Pencucian Mobil Kewalahan Layani Pelanggan

id Pemilik Pencucian Mobil Kewalahan Layani Pelanggan

Pemilik Pencucian Mobil Kewalahan Layani Pelanggan

Ilustrasi, Pencucian Mobil. (Istimewa)

Sampit (Antara Kalteng) - Jasa pencucian mobil di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, kewalahan melayani banyaknya pelanggan yang datang untuk meminta mobilnya dicucikan.

"Kalau setelah Lebaran biasanya memang seperti ini, kami kebanjiran order. Tapi, karena tenaganya terbatas dan pelanggan minta mobilnya dicuci dalam waktu cepat, terpaksa kami tidak bisa melayaninya karena yang antre juga sudah banyak," kata Udin, salah seorang karyawan di salah satu pencucian mobil di Jalan Jenderal Sudirman Sampit, Rabu.

Pantauan di sejumlah lokasi pencucian mobil, tampak banyak antrean mobil-mobil yang menunggu giliran dicuci. Tempat pencucian mobil rata-rata terisi antrean karena beberapa tempat pencucian lainnya masih tutup karena karyawannya masih berlebaran atau sedang mudik.

Tarif cuci mobil keluarga berkisar antara Rp35.000 hingga Rp50.000 per mobil. Dari tarif tersebut, karyawan mendapat separuhnya. Jadi jika satu mobil dicuci oleh dua orang, maka hasil yang mereka dibagi lagi untuk dua orang.

Meningkatnya permintaan cuci mobil karena umumnya hari kedua Lebaran hingga berakhir masa liburan, masyarakat memanfaatkannya dengan berlibur ke objek-objek wisata. Salah satu objek wisata andalan di Kotim adalah pantai Ujung Pandaran yang jaraknya sekitar 85 kilometer dari Sampit yang merupakan Ibu Kota Kabupaten Kotim.

"Saya kemarin bingung mencari tempat pencucian mobil karena sebagian masih tutup. Ada yang buka, tapi antreannya panjang. Mobil saya kotor setelah pulang dari Ujung Pandaran, makanya mau dicuci," kata Zain, salah seorang warga.

Dia mengaku masih capek habis bolak balik ke objek wisata tersebut sehingga malas untuk mencuci mobil sendiri. Karena itu dia mengantarnya ke tempat pencucian mobil meski harus mengeluarkan biaya.

Setahun terakhir, tempat pencucian mobil menjamur di Sampit, di antaranya terletak di Jalan Jenderal Sudirman, Tjilik Riwut, Pemuda dan lokasi lainnya. Satu tempat pencucian mobil bahkan ada yang mempekerjakan belasan orang karyawan. Terus meningkatnya kendaraan bermotor membuat peluang usaha pencucian mobil makin terbuka lebar.



(T.KR-NJI/B/Z002/Z002)