DPRD: Waspadai Pendatang Baru Pasca Lebaran

id DPRD: Waspadai Pendatang Baru Pasca Lebaran, sigit,

DPRD: Waspadai Pendatang Baru Pasca Lebaran

Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sigit K Yunianto (FOTO ANTARA Kalteng/Ronny NT)

Kami minta kepada instansi terkait bisa lebih mengontrol lagi lonjakan warga pendatang baru pasca Lebaran,"
Palangka Raya (Antara Kalteng) - Ketua DPRD Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sigit K Yunianto meminta kepada instansi terkait untuk bisa lebih mengawasi dan mewaspadai lonjakan warga pendatang baru pasca Lebaran.

"Kami minta kepada instansi terkait bisa lebih mengontrol lagi lonjakan warga pendatang baru pasca Lebaran," katanya di Palangka Raya, Jumat.

Sigit K Yunianto mengatakan, saat ini Kota Palangka Raya sebagai incaran dunia investasi dan peluang kerja baik pengusaha maupun pengangguran, di mana kota tersebut cocok untuk usaha apa saja.

Oleh sebab itulah, pihaknya berharap kepada instansi terkait agar lebih meminimalisasi lonjakan pendatang baru yang ingin berdomisili di Palangka Raya.

"Peran RT/RW juga diharapkan bisa bersinergi dengan melaporkan warganya, baik yang baru maupun pendatang ke instansi terkait," ujar Ketua DPRD itu.

Pihaknya juga menjelaskan, baik Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Sosial, dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil bisa melakukan pengawasan dan pemeriksaan terhadap warga pendatang yang terkadang membawa keluarganya yang ingin bekerja di Palangka Raya.

"Bukannya kita melarang bagi penduduk yang ingin mencari nafkah di `Kota Cantik` Palangka Raya, namun yang harus diingat apabila ingin berdomisili di Palangka Raya harus melaporkan terlebih dahulu kepada pihak RT/RW setempat," jelas Politisi PDIP itu.

Akan tetapi, kata Sigit, yang harus diingat bahwa pertumbuhan dan perkembangan penduduk yang tidak tercatat atau terdata, akan bisa membuat instansi terkait kewalahan dalam mendata masyarakat bila mendekati Pemilihan Gubernur 2015 khususnya di Kota Palangka Raya.






(T.KR-RON/B/F001/F001)