Masyarakat Diminta Lebih Peduli Terhadap Sampah

id Masyarakat Diminta Lebih Peduli Terhadap Sampah, mofit,

Masyarakat Diminta Lebih Peduli Terhadap Sampah

Wakil Wali Kota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio pada kegiatan diskusi tematik pengelolaan sampah, Selasa (26/8) (FOTO ANTARA Kalteng/Ronny NT)

Saya mengajak seluruh masyarakat bisa menyadari dan peduli terhadap lingkungan sekitar, terutama dalam waktu membuang sampah di TPS,"
Palangka Raya (Antara Kalteng) - Wakil Wali Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Mofit Saptono Subagio meminta seluruh masyarakat di daerah itu bisa lebih peduli dan patuh dengan membuang sampah di tempat penampungan sementara yang tersebar di berbagai sudut kota.

"Saya mengajak seluruh masyarakat bisa menyadari dan peduli terhadap lingkungan sekitar, terutama dalam waktu membuang sampah di TPS," katanya di Palangka Raya, Rabu.

Dikatakan, kesadaran masyarakat untuk menciptakan lingkungan di sekitar sudah mulai meningkat, hanya saja kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya masih kurang disadari.

Masyarakat adalah kunci keberhasilan pembangunan Kota Palangka Raya, dengan melalui kesadaran hal yang terkecil saja sudah cukup untuk membuat slogan "Kota Cantik" Palangka Raya maju dari ke asrian dan kebersihan lingkungan sekitar.

Pembangunan kota tidak akan maju kalau tidak melibatkan dan mengajak seluruh lapisan masyarakat setempat untuk peduli dengan hal-hal kecil dulu, seperti taat aturan dalam membuang sampah pada tempatnya.

Selanjutnya, permasalahan sampah yang hingga saat ini belum kunjung selesai menjadikan perhatian pihaknya untuk menangani sampah di Kota Cantik Palangka Raya.

Namun pihaknya juga menjelaskan, bukan hanya memikirkan bagaimana cara penanganan sampah hingga pengelolaan sampah, tetapi masalah anggaran juga mesti diperhitungkan.

Selain fokus dalam pengelolaan dan penanganan sampah, para petugas kebersihan sampah juga harus diperhatikan kesejahteraannya.

Wakil Wali Kota itu juga meminta kepada seluruh lapisan masyarakat bersama-sama mencari solusi untuk penanganan masalah sampah yang saat ini menjadi sorotan berbagai kalangan.

Mofit mengungkapkan, partisipasi peran RT/RW perlu dan mampu menyadarkan masyarakat di lingkupnya masing-masing untuk peduli dan taat terhadap waktu membuang sampah.







(T.KR-RON/B/S023/S023)