Pelamar CPNS Minta Pendaftaran Tidak Ditunda Lagi

id Pelamar CPNS Minta Pendaftaran Tidak Ditunda Lagi, CPNS,

Pelamar CPNS Minta Pendaftaran Tidak Ditunda Lagi

Masyarakat Kabupaten Kotawaringin Timur antusias menyambut rencana seleksi calon pegawai negeri sipil (FOTO ANTARA Kalteng/Norjani)

persiapkan dulu semua infrastrukturnya hingga ke daerah sehingga dalam pelaksanaannya tidak sampai ada kendala seperti sekarang,"
Sampit (Antara Kalteng) - Pelamar calon pegawai negeri sipil di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, berharap panitia tidak lagi menunda-nunda pendaftaran dalam jaringan atau secara online yang dijadwalkan dimulai 30 Agustus nanti.

"Awalnya kan disebutkan tanggal 20 Agustus, kemudian ditunda tanggal 25 Agustus, sekarang katanya ditunda lagi pada 30 Agustus. Bagaimana ini ditunda-tunda terus," kata Didi, salah seorang warga Sampit, Rabu.

Dia menilai, terus ditunda-tundanya pendaftaran mengindikasikan ketidaksiapan pemerintah menerapkan sistem dalam jaringan ini secara menyeluruh. Dengan kondisi seperti ini, menurutnya, seharusnya pemerintah tidak perlu memaksakan penerapan sistem online di seluruh daerah.

Meski begitu, dia menyambut baik pelaksanaan CPNS menggunakan sistem online karena bisa meminimalisir kemungkinan terjadinya kecurangan atau korupsi, kolusi dan nepotisme dalam penerimaan CPNS di daerah.

"Tujuan sistem online ini bagus karena sangat transparan dan mengurangi potensi kecurangan. Tapi saran saya itu tadi, persiapkan dulu semua infrastrukturnya hingga ke daerah sehingga dalam pelaksanaannya tidak sampai ada kendala seperti sekarang," harap Didi.

Desi, warga lainnya juga menyampaikan harapan serupa. Dia berharap pelaksanaan seleksi CPNS dengan sistem online tidak mengalami kendala sehingga peserta di daerah tidak kebingungan seperti sekarang.

"Kalau seperti sekarang kan orang jadi bingung karena panitianya di pusat. Kita tahu bahwa pendaftaran ditunda juga dari media massa. Untuk kondisi ini, saya berharap panitia bisa aktif mengumumkan jika terjadi perubahan jadwal seperti yang terjadi saat ini," katanya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kotim, Alang Ariyanto menginformasikan bahwa pendaftaran CPNS di Kotim ditunda pada 30 Agustus nanti. Penundaan ini dilakukan karena ada masalah teknis di pusat sehingga perlu dilakukan penyempurnaan.

Tahun ini Kotawaringin Timur (Kotim) mendapat kuota seleksi CPNS sebanyak 87 formasi, terdiri dari tenaga kesehatan, guru dan tenaga teknis. Untuk formasi guru dan tenaga kesehatan, sebagian besar akan ditempatkan di kecamatan-kecamatan luar Kota Sampit.

Sejak Sabtu lalu, masyarakat yang berminat mendaftar seleksi CPNS Kotim sudah bisa melihat formasi yang dibutuhkan melalui situs www.panselnas.menpan.go.id yang bisa diakses secara luas oleh siapa saja. Namun, pelamar belum bisa mendaftarkan diri karena pendaftaran ditunda dan baru dibuka 30 Agustus nanti.



(T.KR-NJI/B/Z002/Z002)