Rusia Akan Kirim Bantuan Ke Ukraina

id Rusia Akan Kirim Bantuan Ke Ukraina,

Moskow (ANTARA News) - Presiden Rusia Vladimir Putin sepakat dengan pemimpin Ukraina bahwa Moskow akan mengirim bantuan ke Ukraina timur di bawah pengawasan Palang Merah Internasional dan bekerja sama dengan Kiev, kata juru bicaranya, Rabu.

Putin dan Presiden Ukraina Petro Poroshenko dalam perundingan di Minsk, Selasa sepakat bahwa "bantuan akan diberikan di bawah pengawasan Palang Merah dan berkoordinasi penuh dengan pihak berwenang Ukraina," kata juru bicara Putin Dmitry Peskov kepada kantor berita ITAR-TASS.

Kedua pemimpin itu "memusatkan pembicaraan mereka tentang perlunya untuk terus memberikan bantuan saat malapetaka kemanusiaan meningkat di daerah-daerah timur Ukraina," kaya Peskov.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov Senin mengatakan bahwa Moskow berencana akan mengirim konvoi kedua ke Ukraina "pekan ini", setelah konvoi pertama truk yang mengangkut pangan, obat-obatan dan generator-generator memasuki wilayah yang dikuasai pemberontak pada 22 Agustus.

Putin mengemukakan kepada wartawan setelah perundingan-perundingan bilateral dengan Poroshenko bahwa kedua pemimpin itu membicarakan tentang perlunya memberikan bantuan ke kota-kota Donetsk dan Lugansk yang dikuasai pemberontak dam mencapai "persetujuan-persetujuan."

Putin menambahkan bahwa ia tidak akan "tergesa-gesa" dan tidak mengungkapkan rincian-rincian. "Kami akan melihat bagaimana bantuan itu akan diberikan," katanya. Demikian AFP.

(H-RN)