Pengusaha Taksi Air Diminta Perhatikan Standar Keselamatan

id Pengusaha Taksi Air Diminta Perhatikan Standar Keselamatan

Pengusaha Taksi Air Diminta Perhatikan Standar Keselamatan

Ilustrasi, (Istimewa)

Setiap pengusaha angkutan air atau taksi air dengan berbagai jenis seperti long boat atau speed boat wajib memperhatikan keselamatan penumpangnya,"
Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Dinas Perhubungan Komunikasi Dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, meminta pengusaha taksi air memperhatikan standar keselamatan bagi penumpang.

"Setiap pengusaha angkutan air atau taksi air dengan berbagai jenis seperti long boat atau speed boat wajib memperhatikan keselamatan penumpangnya," kata Kepala Dishubkominfo Kabupaten Seruyan Pincianto di Kuala Pembuang, Minggu.

Menurut dia, untuk memenuhi standar keselamatan penumpang, pengusaha taksi air wajib menyediakan berbagai fasilitas keselamatan bagi penumpang seperti pelampung.

"Hal itu untuk memberikan rasa aman bagi pengguna jasa angkutan air apabila sewaktu-waktu terjadi peristiwa yang tidak diinginkan," katanya.

Selain menyediakan fasilitas, hal lain yang harus diperhatikan oleh pengusaha taksi air adalah kapasitas maksimal dari jenis angkutan air yang digunakan.

Di lapangan tidak jarang ditemukan angkutan air yang melebihi kapasitas. Penumpang terpaksa duduk di atas atap karena muatan perahu sudah penuh.

Tapi masih banyak taksi air yang memenuhi standar keselamatan. Taksi air tetap menjadi pilihan warga, sebab tidak semua wilayah di Seruyan telah terhubung dengan akses jalan darat yang memadai. Akhirnya tidak ada jalan lain selain menggunakan taksi air.

Untuk meningkatkan kesadaran para pengusaha transportasi air, Dishubkominfo dalam waktu dekat berencana menggelar razia standar keselamatan terhadap taksi air.

"Kita berharap nantinya para pengusaha lebih memperhatikan keselamatan penumpang daripada mengejar keuntungan semata," katanya.



(T.KR-JWM/C/C003/C003)