Pelamar CPNS Kotim Keluhkan Website Sulit Diakses

id Pelamar CPNS Kotim Keluhkan Website Sulit Diakses, CPNS,

Pelamar CPNS Kotim Keluhkan Website Sulit Diakses

penggunaan tes CPNS Online atau sistem Computer Assisted Tes (CAT) (www.kemendag.go.id) Istimewa

Sejak pemerintah Kotim menyatakan pendaftaran dibuka pada 30 Agustus 2014, website http://panselnas.menpan.go.id sulit diakses bahkan tidak dapat dibuka sama sekali,"
Sampit (Antara Kalteng) - Pelamar calon pegawai negeri sipil di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah mengeluhkan website yang disediakan pemerintah sulit untuk diakses sehingga mereka tidak dapat mendaftarkan diri.

"Sejak pemerintah Kotim menyatakan pendaftaran dibuka pada 30 Agustus 2014, website http://panselnas.menpan.go.id sulit diakses bahkan tidak dapat dibuka sama sekali," kata Harjo seorang pelamar CPNS di Kotim, di Sampit, Senin.

Ribuan pelamar CPNS tidak dapat mendaftarkan karena websitenya tidak bisa diakses, dan hingga saat ini belum ada keterangan resmi dari panitia penerimaan CPNS terkait masalah website tersebut.

"Saya sudah tanyakan kepada pegawai Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Kotim, mereka juga mengaku tidak tahu," katanya.

Sebelumnya pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kotim Alang Arianto mengatakan, pendaftaran CPNS untuk wilayah Kabupaten Kotim sudah dibuka sejak 30 Agustus dan akan berakhir pada 15 September 2014.

"Pendaftaran secara resmi sudah kami buka dan hal itu juga sudah kita aploud ke Panitia Seleksi Nasional (Panselnas)," katanya.

Dalam penerimaan CPNS 2014, Pemerintah Kotim menyiapkan 87 formasi dan jumlah itu sesuai dengan kuota yang diberikan pemerintah pusat.

"Sebetulnya kami masih banyak mengalami kekurangan pegawai, terutama untuk tenaga pendidik, namun pemerintah pusat hanya memberikan kuota sebanyak 87 formasi dari 600 formasi yang kami usulkan," katanya.

Ke-87 formasi yang disetujui pemerintah pusat tersebut melliputi 36 tenaga teknis, 33 tenaga pendidikan dan 18 tenaga kesehatan.

Pendaftaran CPNS dilakukan secara online. Pada satu instansi atau daerah, pelamar dapat memilih tiga formasi sesuai dengan pendidikannya.

Saat mendaftar yang bersangkutan harus mengisi nik, nama, email, instansi, dan tanggal lahir. Pendaftar akan mendapat email balasan dari Panselnas berisi username dan password untuk login di instansi terkait.

"Tes CPNS akan dilakukan dengan menggunakan sistem komputer assisted test (CAT). Untuk tes sistem CAT ini sudah dipersiapkan sedikitnya 50 unit komputer dan tes secara nasional baru dimulai pada 8 September 2014," katanya.




(T.KR-UTG/B/S019/S019)