Gubernur Kalteng Pastikan Hadiri Undangan Sekjen PBB

id Gubernur Kalteng Pastikan Hadiri Undangan Sekjen PBB, Teras Narang,

Gubernur Kalteng Pastikan Hadiri Undangan Sekjen PBB

Gubernur Kalimantan Tengah, Agustin Teras Narang (ANTARA Kalteng/Ronny NT)

Tentunya saya merasa bangga dan bersyukur dengan undangan yang disampaikan langsung dari Sekjen PBB itu
Palangka Raya (Antara Kalteng) - Gubernur Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang memastikan akan menghadiri undangan Sekjen Perserikatan Bangsa-Bangsa Ban Ki-moon untuk menjadi pembicara di Konferensi Tingkat Tinggi Iklim di New York pada 23 September 2014.

Undangan tersebut harus dipandang sebagai bagian dari keberhasilan dan penghargaan bagi rakyat Kalteng maupun Negara Indonesia, kata Teras di Palangka Raya, Senin.

"Tentunya saya merasa bangga dan bersyukur dengan undangan yang disampaikan langsung dari Sekjen PBB itu. Saya pasti bersedia menjadi pembicara di KTT Iklim itu," tambahnya.

Melalui surat Sekjen PBB Ban Ki-moon pada 28 Agustus 2014, Gubernur Teras Narang diundang menjadi pembicara di KTT Iklim yang akan diselenggerakan di maskas besar PBB New York.

Ban Ki-moon melalui suratnya mengatakan, perubahan iklim dan respon terhadapnya akan menentukan isu saat ini. Tindakan yang dilakukan hari ini akan menentukan kemampuan meraih visi yang diletakkan Piagam PBB.

Para pemimpin dunia saat ini memiliki peluang yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk mencapai kesepakatan yang bermakna, dan mengambil tindakan atas dasar yang bisa membawa ke jalur kemakmuran berkelanjutan.

"Tergantung pemimpin di semua level pemerintahan, masyarakat sipil, dan sektor swasta meningkatkan aksi maupun komitmen membuatnya terjadi. Ini adalah tugas kita pada KTT bulan September," kata Sekjend PBB itu.

Dia mengatakan, semua pemerintahan dunia sepakat untuk mencapai persetujuan legal universal semacam itu pada 2015. Dalam KTT Iklim, para pemimpin dunia akan mengkatalisasi tindakan dan menggalang ambisi politik bagi persetujuan legal global yang bermakna pada 2015.

"Saya mengundang Anda untuk memberikan pengumuman dan tindakan ambisius kepada KTT, dan saya berharap bertemu Anda pada September, saat kita berupaya memberikan keamanan, keadilan, dan kemakmuran bagi generasi ini dan masa depan," tulis Ban Ki-moon.




(T.KR-JWM/B/S019/S019)