Barut "Restocking" 60.000 Ikan Di Tiga Danau

id Barut Restocking 60.000 Ikan Di Tiga Danau , ikan sungai,

Barut "Restocking" 60.000 Ikan Di Tiga Danau

Ilustrasi (FOTO ANTARA/Musyawir) Istimewa

Kegiatan ini merupakan upaya pemerintah menambah bibit ikan di empat danau itu yang nantinya dapat dimanfaatkan masyarakat,"
Muara Teweh (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, tahun 2014 melakukan peningkatan bibit atau restocking sebanyak 60.000 ekor benih ikan sungai di tiga danau di Kecamatan Teweh Selatan.

"Kegiatan ini merupakan upaya pemerintah menambah bibit ikan di empat danau itu yang nantinya dapat dimanfaatkan masyarakat," kata Kepala Dinas Pertanian Perikanan dan Peternakan Barito Utara (Barut) Setia Budi, di Muara Teweh, Selasa.

Puluhan ribu ekor ikan itu di antaranya nila, patin, jelawat dan ikan batok tersebar di Danau Trinsing, Danau Trahean dan Danau Butong serta kawasan perairan lainnya.

Menurut dia, selama ini populasi ikan di sejumlah danau yang airnya selain untuk kegiatan pertanian dan mencari ikan oleh masyarakat setempat memang masih banyak, namun hanya jenis ikan tertentu sehingga pemerintah akan menambah jenis ikan tersebut.

"Kami harapkan puluhan ribu ekor ikan ini dapat berkembang dengan baik," katanya.

Setia Budi mengatakan, untuk Danau Butong pihaknya akan menebarkan sebanyak 30.000 bibit khusus ikan jelawat dan bantuan satu unit lanting (bangunan terapung) untuk penjaga danau.

Selain itu juga dilakukan budidaya ikan di danau dan perairan umum melalui bantuan bibit yang diberikan secara cuma-Cuma maupun dijual kepada warga masyarakat yang merupakan hasil pembibitan tiga balai benih ikan (BBI) milik Pemkab setempat.

BBI di Kecamatan Lahei khusus mengembangkan jenis ikan sungai seperti patin dan jelawat, BBI Trinsing di Kecamatan Teweh Tengah dan BBI Muara Teweh untuk ikan yang dipelihara di kolam dan keramba yaitu ikan mas, nila dan gurami.

"Untuk itu diperlukan dukungan dari masyarakat sekitar danau terutama kelompok pengawas masyarakat (Pokwasmas) yang telah dibentuk untuk meningkatkan peran melalui pengawasannya sehingga program ini tepat sasaran," katanya.



(T.K009/B/Z002/Z002)