Perpustakaan Nasional Apresiasi Perkembangan Pepustakaan Di Kalteng

id Perpustakaan Nasional Apresiasi Perkembangan Pepustakaan Di Kalteng,

Perpustakaan Nasional Apresiasi Perkembangan Pepustakaan Di Kalteng

Ilustrasi, www.budayamukti.com) Istimewa

Ruang baca di rumah sakit, sekolah-sekolah, tempat wisata dan berbagai perkantoran juga banyak terlihat di Kalteng....
Palangka Raya (Antara Kalteng) - Perpustakaan Nasional mengapresiasi kepedulian Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dalam mengembangkan perpustakaan dan meningkatkan minat baca masyarakat setempat.

Kepedulian terlihat dari peningkatan fasilitas perpustakaan dan bertambangnya mobil perpustakaan keliling yang berasal dari APBD Kalteng, kata Karo Hukum dan Perencanaan Perpustakaan Nasional Ofi Sofiana saat membuka "Roadshow" Perpusnas, Palangka Raya, Rabu.

"Tidak hanya itu, ruang baca di rumah sakit, sekolah-sekolah, tempat wisata dan berbagai perkantoran juga banyak terlihat di Kalteng. Semoga langkah Pemprov Kalteng diikuti pemerintah lainnya," tambah dia.

Roadshow Perpusnas yang diselenggarakan di Kalteng merupakan provinsi ke-16 di Indonesia. Kegiatan ini tindak lanjut dari program pemasyarakatan perpustakaan dan pencanangan "Gerakan Nasional Indonesia Membaca".

Ofi mengatakan roadshow Perpusnas dikemas dalam bentuk publikasi yang bersifat edukasi karena di dalamnya teradapat berbagai kegiatan yang memberi pemahaman pentingnya perpustakaan dan pentingnya kegemaran membaca.

"Acara ini dikemas dalam bentuk talkshow, lomba mewarnai, lomba `telling story`, lomba poster, jingle perpustakaan dan pameran. Kami berharap, kegiatan ini membuat minat baca masyarakat Kalteng semakin meningkat," kata dia.

Karo Hukum dan Perencanaan mengatakan kemajuan suatu bangsa ditentukan kualitas sumber daya manusianya yang menjadi penentu keberhasilan untuk memakmurkan dan menyejahterakan masyarakat itu sendiri.

Menurut hasil penelitian ada dua hal yang menyebabkan masyarakat Indonesia belum berbudaya membaca yaitu pertama, bahan bacaan tidak tersedia. Kedua, belum ada upaya yang sistematis secara berkesinambungan dalam upaya menumbuhkembangkan budaya membaca.

Untuk pemberdayaan gemar membaca masyarakat, pemerintah sudah mencanangkan pengembangan perpustaan dalam program nasional sebagai prioritas nasional.

"Perpustakaan Nasional juga telah menyediakan fasilitas buku online yang dapat di download tanpa dikenai biaya," demikian Ofi.



(T.KR-JWM/B/F002/F002)