Ketua Pengadilan Tinggi Kalteng Disambut "Potong Pantan" Di Barsel

id Ketua Pengadilan Tinggi Kalteng Disambut Potong Pantan Di Barsel

Buntok (Antara Kalteng) - Kunjungan kerja Ketua Pengadilan Tinggi Kalimantan Tengah, Hesmu Purwanto, SH, MH beserta rombongan disambut dengan acara adat dayak potong pantan di kabupaten Barito Selatan, Rabu.

Pada kesempatan itu, Bupati Barsel, Ir HM Farid Yusran, MM mengucapkan selamat datang di bumi Dahani Dahanai Tuntung Tulus (Selamat Sentosa, adil makmur untuk selama-lamanya) kepada Ketua Pengadilan Tinggi beserta rombongan.

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa setelah berdirinya Provinsi Kalteng, kabupaten Barito dimekarkan menjadi dua yakni Kabupaten Barito Selatan Ibukotanya Buntok dan Barito Utara dengan ibukotanya Muara Teweh.

Setelah berjalan selama 42 tahun lanjut Farid Yusran, maka berdasarkan Undang-Undang RI Nomor 5 Tahun 2002, Kabupaten Barito Selatan dimekarkan menjadi Kabupaten Barito Selatan dan Kabupaten Barito Timur (Bartim).

"Sedangkan untuk luas wilayah Barsel 8.830 km persegi. Luas wilayah Barsel ini lebih luas dari provinsi Banten dan untuk jumlah penduduknya kurang lebih 130 ribu jiwa,"ucapnya.

Untuk mata pencaharian penduduk di kecamatan Jenamas, Karau Kuala dan Dusun Hilir pada umumnya sebagai nelayan dan petani rotan, sedangkan untuk di kecamatan Dusun Utara dan Gunung Bintang Awai petani karet.

Sementara Ketua Pengadilan Tinggi Kalteng, Hesmu Purwanto, SH, MH juga mengucapkan terimakasih atas sambutan yang sangat baik dan ramah oleh Bupati Barsel terhadap dia bersama rombongan.

"Tujuan kedatangan kami ini adalah kunjungan kerja. Selaku Ketua Pengadilan Tinggi yang baru saya ingin mengetahui wilayah dan keadaan bawahan yang berada di Pengadilan Negeri Buntok,"ujarnya.

Acara kunjungan kerja dan silaturrahmi Ketua Pengadilan Tinggi Kalteng, Hesmu Purwanto, SH, MH beserta rombongan tersebut berlangsung di aula kantor Bupati setempat.