420 Peserta Ikuti Festival "Daha Tutu" 2014

id 420 Peserta Ikuti Festival Daha Tutu 2014

420 Peserta Ikuti Festival "Daha Tutu" 2014

Ilustrasi, tarian dayak pada acara pemilihan putra-putri pariwisata tingkat Kota Palangka Raya tahun 2013 di gedung Aula Disbudpar Palangka Raya. (FOTO ANTARA Kalteng/Ronny NT)

Buntok (Antara Kalteng) - Tercatat sebanyak 420 orang mengikuti Festival Budaya Dahani Dahanai Tuntung Tulus (Daha Tutu) XI tahun 2014 di Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Barsel H Raden Sudarto, SH di Buntok, Kamis, mengatakan para peserta festival yang digelar di Stadion Batuah Buntok sejak 14 dan berakhir 18 September, itu berasal dari enam kecamatan diwilayah setempat.

Ia mengatakan festival budaya ini merupakan agenda rutin tahunan dari Dikbud Barito Selatan dan hal ini dilakukan untuk memeriahkan HUT Republik Indonesia dan Hari Jadi kabupaten setempat.

"Selain itu, festival ini juga bertujuan meningkatkan promosi dan melestarikan seni budaya serta olahraga tradisional Barito Selatan," ucap Raden Sudarto atau yang lebih dikenal dengan H Alex itu.

Adapun cabang lomba yang dilaksanakan dalam Festival Dahani Dahanai Tuntung Tulus tersebut, lanjutnya, meliputi tarian daerah, bagasing putra putri dan balogo putra putri.

"Selain itu ada juga lomba manyipet putra putri, mangaruh, manetek, maneweng, manyila kayu dan lomba sepak sawut," ujarnya.

Ia menjelaskan tarian daerah itu diikuti oleh enam tim, bagasing 15 tim, lomba balogo diikuti oleh 23 tim, lomba manyipet tujuh tim dan lomba mangaruh diikuti sebanyak 47 tim.

"Sedangkan lomba manetek, maneweng, manyila kayu diikuti oleh tujuh tim dan untuk lomba sepak sawut diikuti oleh tiga tim," tambahnya.



(T.KR-BYU/B/F002/F002)