Penjat Tebing - FPTI Barito Utara Gelar Kejurda Kalteng

id Penjat Tebing - FPTI Barito Utara Gelar Kejurda Kalteng, panjat tebing,

Kita harapkan melalui event ini dapat dijaring atlet-atlet lokal yang akan diproyeksikan untuk mengikuti kejuaraan tingkat nasional di daerah lain,"
Muara Teweh (Antara Kalteng) - Pengurus cabang Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Barito Utara, Kalimantan Tengah, siap menggelar kejuaraan daerah (Kejurda) panjat tebing 2014 di Muara Teweh, Kalteng, 26-28 September.

"Kegiatan ini untuk mengenalkan cabang olahraga panjat tebing kepada masyarakat secara luas yang rencananya dibuka Bupati Barito Utara, Nadalsyah," kata Ketua Umum FPTI Barito Utara, Muhtaram di Muara Teweh, Kalteng, Jumat.

Menurut dia, kompetisi ini siap digelar di kawasan Jalan Pegunungan Muller komplek Taman Rekreasi Remaja Muara Teweh.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan frekuensi berkompetisi atlet-atlet berbakat di Barito Utara dan menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalteng di Palangka Raya pada Oktober 2014 nanti.

"Kita harapkan melalui event ini dapat dijaring atlet-atlet lokal yang akan diproyeksikan untuk mengikuti kejuaraan tingkat nasional di daerah lain," katanya.

Muhtaram menjelaskan, dalam lomba ini memiliki dinding kompetensi katagori kecepatan 2 x 18 meter, rintisan 3 x 20 meter dan jalur pendek lima meter (travers) x 15 meter.

Kelas yang dilombakan meliputi perorangan putra dan putri tingkat dificult (kesulitan) dan speed (kecepatan).

Perlombaan ini diikuti puluhan atlet delapan dari 14 kabupaten di Kalteng antara lain selain Barito Utara, juga Kota Palangka Raya, Barito Timur, Barito Selatan, Kotawaringin Timur, Gunung Mas, Sukamara dan Kotawaringin Barat.

"Kita harapkan dari hasil kejurda ini lahir atlet yang mampu berprestasi tingkat daerah maupaun nasional," ujar Muhtaram.



(T.K009/C/D011/D011)