Distanak Kalteng Pastikan Stok Sapi Aman

id Distanak Kalteng Pastikan Stok Sapi Aman

Distanak Kalteng Pastikan Stok Sapi Aman

Sapi Kurban (Istimewa)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Dinas Pertanian dan Peternakan Kalimantan Tengah memastikan stok sapi maupun kambing menjelang hari Raya Idul Adha aman dan mampu memenuhi kebutuhan umat muslim yang ingin berkurban.

Idul Adha kegiatan tahunan sehingga para peternak di provinsi ini telah berpengalaman mempersiapkan hewan kurban sesuai kebutuhan, kata Kepala Distanak Kalteng Tute Lelo di Palangka Raya, Selasa.

"Perusahaan perkebunan di Kalteng juga telah mengembangkan dan memelihara sapi. Jadi, masyarakat yang ingin berkurban di Idul Adha tidak perlu khawatir," tambah dia.

Mengenai adanya kenaikan harga Sapi maupun Kambing menjelang Idul Adha merupakan hal yang wajar dan sulit diantisipasi Distanak Kalteng, karena Peternak juga menginginkan ada keuntungan lebih dibandingkan hari biasa.

Tute mengatakan kenaikan tersebut sebenarnya tidak terlalu signifikan dan masih terjangkau masyarakat yang ingin berkurban. Hal itu disebabkan semakin banyaknya jumlah peternak sapi maupun kambing di Kalteng.

"Kalau mau menginginkan harga yang lebih murah, bisa juga dibeli dari sekarang. Atau, membeli sapi yang kurus dari sekarang lalu digemukkan sendiri," kata dia.

Kepala Distanak Kalteng yakin masyarakat di provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai" yang akan membeli hewan kurban tidak terlalu mempermasalahkan harga karena lebih berpikir amal dan sekali setahun.

Tute lebih menyarankan agar masyarakat hati-hati dan menganjurkan lebih teliti sebelum membeli sapi ataupun kambing, karena ada saja oknum tidak bertanggungjawab menjual yang tidak sehat.

"Pastikan sapi yang dibeli untuk dikurbankan adalah sapi yang sehat dan layak. Jangan sampai tertipu dengan oknum yang memanfaatkan momen hari Raya Idul Adha," demikian dia.



(T.KR-JWM/B/B012/B012)