MUI Kalteng Imbau Umat Shalat Minta Hujan

id MUI Kalteng Imbau Umat Shalat Minta Hujan

MUI Kalteng Imbau Umat Shalat Minta Hujan

Logo MUI (Istimewa)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Majelis Ulama Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah menyerukan umat muslim, khususnya di seluruh kabupaten dan kota setempat untuk menggelar shalat istisqa untuk berdoa agar diturunkan hujan.

"Seluruh kabupaten dan kota kami imbau untuk melaksanakan shalat istisqa agar Allah menurunkan hujan karena kebakaran lahan dan asap di sejumlah daerah sudah sangat parah," kata Sekretaris Umum MUI Provinsi Kalteng, H Syamsuri Yusup di Palangka Raya, Jumat.

Saat ini sejumlah daerah di Kalteng dilanda kabut asap akibat maraknya kebakaran lahan. Kondisi ini sudah sangat mengganggu masyarakat karena rentan menimbulkan penyakit akibat asap, serta dapat mengganggu aktivitas lantaran jarak pandang terbatas.

Seperti di Kota Palangka Raya dan Sampit, masyarakat setempat mengeluh karena kabut asap makin parah. Untuk beraktivitas di luar rumah, khususnya saat pagi hari, sebagian masyarakat memilih menggunakan masker.

Masyarakat yang beraktivitas di darat dan sungai terpaksa mengurangi kecepatan karena kendaraan mereka untuk menghindari tabrakan dengan pengendara lain karena jarak pandang mulai terganggu akibat tebalnya asap.

Rencananya Sabtu (27/9) pagi pukul 06:30 WIB, MUI akan menggelar shalat istisqa di halaman Markas Polda Kalteng di Jalan Tjilik Riwut Palangka Raya. Shalat minta hujan itu akan dipimpin Drs KH Anwar Isa, Lc sebagai iman dan Dr H Khairil Anwar, Mag sebagai khatib.

"Kami mengundang kepada seluruh elemen masyarakat umat muslim untuk mengikuti shalat istisqa. Mari kita bersama-sama hadir untuk meminta doa kepada Allah agar diturunkan hujan sehingga kebakaran lahan dan kabut asap bisa segera teratasi," ajak Syamsuri.

Rencana dilaksanakannya shalat istisqa di Palangka Raya merupakan hasil pembicaraan para tokoh agama saat acara doa bersama penggunaan kantor baru MUI Provinsi Kalteng yang kini menempati sebuah rumah yang dulunya digunakan sebagai rumah jabatan wakil ketua DPRD Provinsi Kalteng.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Gubernur Kalteng, H Achmad Diran, Ketua Umum MUI Provinsi Kalteng, KH Ahmadi Isa dan jajaran pengurus, perwakilan Kementerian Agama Provinsi Kalteng dan Kota Palangka Raya, jajaran pengurus MUI Kota Palangka Raya, Baritor Utara dan Barito Selatan, serta masyarakat.



(T.KR-NJI/B/T007/T007)