BLH Barito Utara Uji Kualitas Udara

id BLH Barito Utara Uji Kualitas Udara, kabut asap. blh,

BLH Barito Utara Uji Kualitas Udara

Ilustrasi seorang warga bersepeda di tengah kabut asap akibat kebakaran hutan di pesisir barat Pulau Sumatera, baru-baru ini. (ANTARA FOTO/Sheravim) Ist

Pengambilan sampel kualitas udara ini dilakukan untuk mengetahui tingkat pencemaran udara akibat kabut asap yang melanda daerah ini,"
Muara Teweh (Antara Kalteng) - Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah melakukan pemantauan kualitas udara dimana terjadi kabut asap dan perlu dilakukan pengujian terhadap total partikulat gas SO, NO dan CO (TSP).

"Pengambilan sampel kualitas udara ini dilakukan untuk mengetahui tingkat pencemaran udara akibat kabut asap yang melanda daerah ini," kata Kepala Badan Lingkungan Hidup Barito Utara, Tenggara Teweng di Muara Teweh, Selasa.

Menurut Tenggara, pemantauan udara ini dilakukan selain dalam kota Muara Teweh juga dilakukan pengujian kualitas udara di Desa Benao Kecamatan Lahei Barat, Lahei Kecamatan Lahei, Desa Sikui Kecamatan Teweh Baru dan Kandui Kecamatan Gunung Timang.

Kegiatan ini untuk pemenuhan standar pelayanan minimal (SPM) dibidang lingkungan hidup yang salah satunya adalah pemenuhan terhadap pelayanan pengendalian pemcemaran air dan udara.

"Tentu saja memerlukan data parameter kualitas lingkungan bnaik kualitas air dan udara," katanya disela pemantauan kualitas udara di kawasan simpang empat terminal pasar Gembira Muara Teweh.

Tenggara mengatakan, tahun anggran 2014, BLH Barito Utara melalui UPT laboratorium lingkungan melakukan pengumpulan data parameter kualitas air dan udara dalam rangka pemenuhan standar pelayanan minimal di bidang lingkungan hidup.

Kegiatan pengumpulan data parameter kualitas lingkungan tersebut dengan melakukan pengampilan sampel (Sampling) dan pengujian terhadap kualitas air Sungai Barito di empat titik sampling yaitu pada titik Desa Nihan Kecamatan Lahei, Kelurahan Lanjas Kecamatan Teweh Tengah, Desa Butong Kecamatan Teweh Selatan dan Kelurahan Montallat Kecamatan Montallat.

Sampling dan pengujian kulaitas udara ambient, diupayakan dilakukan pada titik-titik yang mewakili sembilan kecamatan di Kabupaten Barito Utara.

"Dimana salah satunya di Kota Muara Teweh pada titik yang dari segi kepadatan dan potensi pencemaran udara yang potensial, yaitu Jalan Pramuka dan Jalan Sengaji terminal Pasar gembira," ujarnya.



(T.K009/B/B012/B012)