Legislator: Semangat Pancasila Dikalangan Pemuda Mulai Pudar

id Wakil Ketua Sementara DPRD Palangka Raya Ida Ayu Nia Anggraini, Legislator: Semangat Pancasila Dikalangan Pemuda Mulai Pudar

Legislator: Semangat Pancasila Dikalangan Pemuda Mulai Pudar

Ida Ayu Nia Anggraini (FOTO ANTARA Kalteng/Rachmat Hidayat)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Anggota DPRD Kota Palangka Raya menilai semangat nasionalis dan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa khususnya dikalangan pemuda mulai pudar.

"Coba perhatikan saat ini banyak sekali aksi kenakalan remaja yang tidak sesuai dengan moral-moral berdasarkan Pancasila, salah satunya penggunaan narkona, mabuk-mabukan, tawuran, bahkan sampai pergaulan bebas," kata Wakil Ketua Sementara DPRD Palangka Raya Ida Ayu Nia Anggraini, di Palangka Raya, Rabu.

Menurutnya dalam rangka menjaga nilai-nilai Pancasila di kalangan masyarakat perlu adanya campur tangan pemerintah, organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan untuk dapat terus aktif memberikan sosialisasi mengenai penerapan Pancasila sebagai pandangan hidup.

Ia mengatakan semua orang mungkin bisa menyebutkan lima butir sila yang ada, namun tidak banyak yang memahami betul apa makna dari kelima sila tersebut sebagai landasan dan ideologi bangsa.

"Pentingnya menjaga Pancasila menjadi pandangan hidup masyarakat sama pentingnya dengan menjaga dan melestarikan adat serta kebudayaan yang ada di Indonesia," ucapnya.

Selain itu, ia juga mengingatkan agar pemerintah, atau siapa saja yang mengeluarkan kebijakan, harus tetap merujuk Pancasila sebagai falsafah bangsa sehingga tujuan untuk memberikan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia bisa tercapai.

Meski demikian ada satu langkah untuk mengobati dan memperbaiki krisis nilai Pancasila yang kritis itu, yakni dengan perbaikan mental berupa membangun kembali karakter bangsa.

"Peran serta pemerintah, tokoh masyarakat, kepala adat yang ada di lingkungan masyarakat berperan penting dalam memperbaiki karakter bangsa," demikian Nia.



(T.BK07/B/M019/M019)