Hewan Qurban Di Barsel 125 Ekor

id Hewan Qurban Di Barsel 125 Ekor

Hewan Qurban Di Barsel 125 Ekor

Sapi milik warga Jalan Rajawali yang siap di jual untuk hari Raya Idul Adha 1435 Hijriah (FOTO ANTARA Kalteng/Ronny NT)

Buntok (Antara Kalteng) - Jumlah hewan qurban di Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah pada hari Raya Idul Adha 1435 Hijriyah tercatat sebanyak 125 ekor.

Kabid Peternakan, Dinas Pertanian Barsel, Hevijanto, Rabu mengatakan jumlah hewan qurban tahun ini mengalami kenaikan dibandingkan tahun sebelumnya.

Untuk tahun 2013 lalu berjumlah 112 ekor, sedangkan pada tahun 2014 ini mencapai 125 ekor.

Ia mengatakan, untuk menjamin kesehatan hewan qurban, maka pihaknya akan membentuk tim yang akan bertugas memeriksa hewan qurban tersebut.

"Tim itu nantinya akan mendatangi sejumlah tempat penampungan hewan qurban paling lambat pada hari Jum`at (3/10),"ucapnya.

Menurutnya, berdasarkan standart operasional prosedur (SOP) yang disampaikan Dinas Pertanian dan peternakan Kalteng hewan qurban tersebut harus dalam keadaan sehat dan tidak cacat.

"Selain itu hewan qurban harus cukup umur, tidak kurus dan berjenis kelamin jantan yang mana testisnya tidak dikastrasi atau kebiri,"tambahnya.

Disampaikannya, untuk sapi dan kerbau harus berumur diatas 2 tahun sedangkan untuk kambing dan domba harus berumur diatas satu tahun yang ditandai dengan tumbuhnya sepasang gigi tetap.




(T.KR-BYU/B/M019/M019)