Tes CPNS Kalteng Gunakan Sistem "Offline"

id Tes CPNS Kalteng Gunakan Sistem Offline

Tes CPNS Kalteng Gunakan Sistem "Offline"

Ilustrasi, (Istimewa)

Sistem offline sebagai pilihan agar menghindari gangguan jaringan pusat pada saat tes berlangsung,"
Palangka Raya (Antara Kalteng) - Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Kalimantan Tengah mengatakan tes calon pegawai negeri sipil 2014 yang diikuti 3.835 pelamar di daerah setempat menggunakan sistem "offline" atau berbeda dengan kebijakan nasional seleksi calon pegawai negeri.

Kalau menggunakan sistem online, maka tidak akan mungkin berjalan maksimal dan lancar pada saat tes CPNS berlangsung, kata Kasubbid Formasi Seleksi BKD Kalteng, Yobie Sandra di Palangka Raya, Jumat.

"Sistem offline sebagai pilihan agar menghindari gangguan jaringan pusat pada saat tes berlangsung," ucapnya.

Dikatakan ketentuan nasional penerimaan CPNS tahun 2014 seluruh daerah di Indonesia harus sudah menggunakan sistem "Computer Assisted Test (CAT)" secara `online`.

Namun pihak BKD Provinsi Kalteng tetap menggunakan tes CPNS dengan sistem jaringan offline atau keadaan komputer yang sedang tidak terhubung/terkoneksi ke jaringan Internet pusat.

Mengingat ribuan pelamar CPNS tidak memungkinkan menggunakan sistem online yang terkoneksi dengan pusat. Maka kebijakan pemerintah Provinsi mengadakan dengan sistem offline.

"Kami menggunakan sistem offline ini untuk mempermudah pelamar, agar nantinya ketika pada saat tes CPNS berlangsung tidak terjadi kendala dalam mengerjakan soal," tegas Yobie Sandra.

Namun pihaknya menjamin dengan adanya sistem offline ini tidak akan terjadi sesuatu dan lain hal dalam pelaksanaan tes CPNS di Provinsi Kalteng.

Selama kegiatan pelaksanaan tes CPNS berlangsung, pihak dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) Pusat akan turun langsung mengawasi jalannya proses tersebut.

Pelaksanaan tes CPNS di Kalteng tidak semua menggunakan sistem offline, ada juga enam kabupaten yang menggunakan sistem online.



(T.KR-RON/B/M019/M019)