Bupati Tinjau Pembangunan Jalan Batang Kawa Lamandau

id Bupati Tinjau Pembangunan Jalan Batang Kawa Lamandau,

Nanga Bulik (Antara Kalteng) - Bupati Lamandau Ir Marukan didampingi para pegawai Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten, serta sejumlah perwakilan dari dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lamandau melakukan peninjauan langsung pembangunan jalan di Kecamatan Batang Kawa.

Peninjaun tersebut dilakukan agar pengerjaan proyek pembangunan jalan akses penghubung kabupaten dengan sejumlah kecamatan berjalan sesuai target dan tidak asal-asalan. Infrastruktur jalan dibutuhkan masyarakat daerah tersebut.

"Pantauan ini juga dimaksudkan agar kita tidak hanya menerima laporan dari pihak terkait (DPU) saja, melainkan kita juga memastikan pengerjaannya benar-benar dilaksanakan," kata Bupati Lamandau Ir Marukan.

Data yang diperoleh dari DPU, diketahui bahwa pembangunan jalan dilaksanakan hingga proses pengaspalan sepanjang 2 km. Dari 2 km tersebut didapati sedikitnya enam proyek pembangunan gorong-gorong (jembatan kecil).

Selain Dinas Pekerjaan Umum, pemantauan kali ini juga melibatkan pihak DPRD yang baru saja dilantik. Hal ini dimaksudkan agar para anggota dewan tersebut juga mengetahui sejumlah pekerjaan yang saat ini sedang dikerjakan pemerintah daerah.

“Dari apa yang telah kita pantau, pembangunan jalan yang sedang mengerjakan tahapan base B tersebut sudah cukup baik, walaupun ada sejumlah hal yang memang saya minta untuk diperbaiki. Tapi secara umum sudah cukup baik,” kata Bupati Lamandau Ir. Marukan.

Pembangunan ruas jalan yang menghubungkan jalan Trans Kalimanantan ke Kecamatan Batang Kawa tersebut sudah memasuki agregat bes B, dan sebentar lagi  bes A kemudian pengaspalan.

Sesuai pantauan, dari enam jembatan gorong-gorong yang harus dikerjakan di ruas jalan tersebut, ada empat gorong-gorong yang masih belum selesai dikerjakan, Namun demikian, Bupati juga secara langsung meminta agar pihak rekanan cepat mengerjakannya.

Sementara, ketua DPRD Lamandau, H. Tommy Hermal Ibrahim, mengatakan bahwa pembangunan akses transportasi tersebut memang sangat diperlukan masyarakat. Ia meyakini bahwa dengan dibangunnya jalan tersebut akan semakin maju perekonomian masyarakat di daerah itu.

"Atas nama DPRD kami tentu sangat mendukung, karena memang pembangunan ruas jalan ini harus menjadi prioritas program pembangunan daerah, karena juga sangat dibutuhkan masyarakat," kata Beliau.