Wabub Tinjau Pelaksanaan Tes Seleksi CPNS

id Wabub Tinjau Pelaksanaan Tes Seleksi CPNS, cpns,

Wabub Tinjau Pelaksanaan Tes Seleksi CPNS

Ilustrasi, (Istimewa)

Sejauh ini pelaksanaan tes hari ketiga berlangsung dengan baik,"
Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Wakil Bupati Seruyan, Provinsi Kalimantan Tengah, Yulhaidir meninjau pelaksanaan tes seleksi calon pegawai negeri sipil yang berlangsung di tiga sekolah yang berbeda, Selasa.

"Sejauh ini pelaksanaan tes hari ketiga berlangsung dengan baik," katanya di Kuala Pembuang.

Ia menegaskan bahwa seleksi yang menggunakan sistem "computer assested test" (CAT) telah menutup celah terjadinya kecurangan, karena begitu selesai mengerjakan soal, peserta dapat langsung mengetahui nilai yang diperolehnya.

"Yang bersangkutan dapat melihat langsung, bahkan data nilai itu selain dipegang oleh peserta juga diketahui oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) hingga kepolisian, jadi tidak ada kecurangan," katanya.

Ia mengungkapkan bahwa peserta yang nanti lulus sebagai CPNS di jajaran Pemkab Seruyan agar bersungguh-sungguh menjalankan tugasnya sebagai abdi negara.

"Juga harus siap untuk di tempatkan sesuai dengan formasi yang telah ditentukan, atau ke depan juga harus siap ditugaskan di seluruh wilayah di daerah Seruyan atau bahkan di Indonesia," katanya.

Sementara itu, Kepala BKD Seruyan Hartono menjelaskan bahwa sistem CAT yang digunakan dalam pelaksanaan tes kali ini telah mengurangi kesibukan panitia, tidak seperti pelaksanaan tes tahun sebelumnya, sekarang tidak perlu lagi bersusah payah untuk mengumpulkan dan membakar soal serta mengirimkan lembar jawaban ke Jakarta.

"Karena semua sudah sistem online, jadi kita sangat dipermudah dengan sistem CAT ini, ini telah mengurangi kesibukan kita," katanya.

Kemudian, dari segi transparansi, sistem CAT telah meminimalkan tingkat kecurigaan para peserta akan kemungkinan terjadinya kecurangan, karena peserta dapat melihat langsung hasil yang diperolehnya.

"Dalam tes seleksi kali ini, semua terbuka,semua bisa lihat hasilnya begitu selesai mengikuti tes, jadi tidak seperti dulu harus menunggu hasil dengan waktu yang cukup lama lalu muncullah curiga-mencurigai," katanya.



(T.KR-JWM/C/S023/S023)