Satu Rumah Hanyut Akibat Abrasi

id Satu Rumah Hanyut Akibat Abrasi, abrasi,

Satu Rumah Hanyut Akibat Abrasi

Abrasi Pantai. (FOTO ANTARA/Nyoman Budhiana) Istimewa

Buntok (Antara Kalteng) - Satu rumah yang berada di pinggir Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito di Kelurahan Rantau Kujang, Kecamatan Jenamas, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, hanyut akibat abrasi.

"Hanyutnya rumah milik H Asnawi tersebut terjadi pada hari Selasa (21/10) lalu dan tidak ada korban jiwa pada saat kejadian," kata Camat Jenamas, Kujang Rosayadi, SH, di Buntok, Kamis.

Ia mengatakan, hanyutnya rumah yang berada di RT 4/ RW 2 kelurahan Rantau Kujang itu karena tanah di sekitar rumah tersebut terkikis akibat hujan beberapa hari sebelumnya.

  "Sedikit demi sedikit tanah di sekitar bangunan tersebut terkikis dan pada Selasa (21/10) sekitar pukul 03.00 WIB tanah longsor dan menghanyutkan satu rumah warga," katanya.

Menurut dia, kejadian ini telah dilaporkannya kepada Bupati Barsel dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) setempat supaya korban bisa mendapatkan bantuan.

Sementara H Asnawi yang rumahnya hanyut akibat abrasi tersebut menceritakan, saat peristiwa itu terjadi, dia bersama dengan keluarganya sedang berada di dalam rumah.

"Pada saat itu saya sedang di rumah, tiba-tiba rumah bergoyang kencang dan saya bersama keluarga bergegas keluar rumah untuk menyelamatkan diri dan setelah itu rumah ambruk dan hanyut ke sungai," katanya.

Ia menyampaikan, karena rumah miliknya tersebut hanyut ke Sungai Barito, terpaksa dia bersama dengan anak istrinya mengungsi ke tempat keluarganya.

  "Saya mengharapkan pemerintah daerah melalui instansi terkait dapat membantu meringankan beban yang saya dialami ini," kata H. Asnawi.



 (T.KR-BYU/B/H-KWR/H-KWR)