BAZ Barsel Distribusikan Zakat Untuk Fakir-Miskin

id BAZ Barsel Distribusikan Zakat Untuk Fakir-Miskin

BAZ Barsel Distribusikan Zakat Untuk Fakir-Miskin

Ilustrasi, (Istimewa)

Buntok (Antara Kalteng) - Badan Amil Zakat, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, mendistribusikan zakat, infaq dan sedekah kepada mustahiq atau fakir-miskin di wilayah setempat.

Ketua BAZ Barsel KH Masturi, S. Pdi, Jumat mengatakan, zakat, infaq dan sedekah (ZIS) yang diberikan kepada 1.000 orang tersebut berupa beras yang berjumlah sebanyak 8 ton.

"Selain menyalurkan beras, kita juga menyalurkan modal usaha kepada 26 orang pedagang kecil berupa pinjaman uang tanpa bunga dan masing - masing pedagang mendapatkan Rp 1 juta," katanya.

Ia menjelaskan, untuk dana yang berhasil dihimpun BAZ Barsel pada 2014 berjumlah Rp109. 602.000 dengan rincian Zakat sebesar Rp48.600.000, Infaq dan Shadaqah sebesar Rp61.000.000.

"Jumlah perolehan pada tahun ini meningkat dibandingkan tahun 2013 lalu yang terhimpun sebesar Rp65.251.000,," katanya.

Meningkatnya perolehan tahun 2014 ini, kata dia, merupakan hasil kerja keras seluruh pengurus dan dukungan Bupati Barsel yang menerbitkan imbauan kepada dinas/instansi untuk menyalurkan zakat melalui BAZ.

Karena itu, pihaknya berterima kasih kepada Bupati Barsel, SKPD dan masyarakat yang telah menyalurkan zakat infaq dan shadaqahnya ke BAZ Barsel sehingga dana yang terkumpul tahun ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

Bupati Barsel Ir HM Farid Yusran, MM pada kesempatan itu memberikan apresiasi kepada BAZ Barsel atas dedikasi, kinerja serta peran nyatanya tersebut.

"Peningkatan yang dicapai ini merupakan cerminan dari kesadaran umat dan masyarakat untuk membayar zakat melalui BAZ," katanya.

Untuk itu, Bupati mengharapkan BAZ Barsel dapat menjadi wadah yang dipercaya masyarakat dan senantiasa bersinergi dengan berbagai pihak dalam melaksanakan programnya.



(T.KR-BYU/B/S023/S023)