Pawai Tahun Baru Islam Meriah di Lamandau

id Pawai Ta'ruf, Pawai Tahun Baru Islam Meriah di Lamandau

Pawai Tahun Baru Islam Meriah di Lamandau

Pawai ta’ruf menyambut tahun baru Islam, 1 Muharram 1436 Hijriyah (Foto Humas Lamandau)

Nanga Bulik (Antara Kalteng) - Pawai ta’ruf menyambut tahun baru Islam, 1 Muharram 1436 Hijriyah yang diikuti ribuan pelajar dari berbagai lembaga pendidikan dan masyarakat di Kabupaten Lamandau berlangsung meriah.

Kabag Humas Setda Lamandau Imanuel, SH, M.A.P di Nanga Bulik, Selasa mengatakan, pawai ta’ruf dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1436 Hijriyah tersebut dilepas Bupati Lamandau Ir Marukan di Lapangan Kartawana Lamandau.

Pawai yang diselenggarakan oleh panitia bersama antara Dewan Pengurus Daerah Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (DPD BKPRMI) dan Panitia Hari-Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Lamandau ini diikuti 51 regu dari berbagai sekolah dan organisasi.

“Kegiatan menyambut tahun baru Islam dan pawai ta’ruf ini sangat baik untuk menginformasikan salah satu budaya Kabupaten Lamandau kepada kalayak luar,” kata Bupati Lamandau Ir Marukan saat memberi sambutan pada acara tersebut.

Bupati mengharapkan kegiatan ini tidak hanya diikuti pengurus dan remaja masjid/mushalla yang berada di kota Nanga Bulik saja, tetapi juga mengundang peserta dari kecamatan yang lainnya sehingga pawai berlangsung lebih meriah di masa mendatang.

Selain itu, Ir Marukan juga mengharapkan Dinas Pariwisata, Seni dan Budaya ikut berpartisipasi dalam kegiatan seperti sehingga nilai budaya yang diperlihatkan peserta dalam pawai ini dapat dipublikasikan secara regional dan nasional.

Ketua panitia pawai ta’ruf Abdul Basyir, S. Ag mengatakan, ada 18 peserta yang mengikuti pawai kreasi tumpeng yang berasal dari berbagai organisasi, pengurus mushalla atau masjid dan 33 peserta pawai kreasi tingkat TK hingga SMA serta organisasi.

“Untuk memeringati tahun baru Islam ini, panitia tidak hanya menggelar pawai ta’ruf saja tapi juga lomba pekan muharram, doa akasah di setiap mushalla dan masjid, dan tabligh akbar bersama Ustad Ahmad Ikhsan atau lebih dikenal Ustad Cepot, “ kata Abdul Basyir, S.Ag.

Pawa ta’ruf menyabut tahun baru Islam, 1 Muharram 1436 Hijriyah berlangsung meriah disaksikan ribuan masyarakat. Peserta terlihat antusian dengan menampilkan aneka kreasi menarik dan unik pada acara yang berlangsung setahun sekali itu.