Dinsos: 300 Disabilitas Kalteng Terdaftar Seleksi CPNS

id Dinsos: 300 Disabilitas Kalteng Terdaftar Seleksi CPNS, Farid Wadji, CPNS

Dinsos: 300 Disabilitas Kalteng Terdaftar Seleksi CPNS

Ilustrasi, (Istimewa)

Tingkat pendidikan disabilitas Kalteng mayoritas belum dapat mengikuti jalur formal maupun perguruan tinggi. . "
Palangka Raya (Antara Kalteng) - Dinas Sosial Kalimantan Tengah menyebutkan sekitar 300 dari 3.508 orang disabilitas telah didaftarkan dalam seleksi calon pegawai negeri sipil tahun 2014.

Namun sangat disayangkan dari jumlah itu belum ada yang lulus atau diterima sebagai CPNS karena kalah bersaing dengan peserta lain, kata Kabid Rehabilitasi Sosial Dinsos Kalteng Farid Wadji, Palangka Raya, Kamis.

"Tingkat pendidikan disabilitas Kalteng mayoritas belum dapat mengikuti jalur formal maupun perguruan tinggi. Mungkin ini yang membuat penyandang disabilitas sulit bersaing di seleksi CPNS tahun 2014," tambah Farid.

Penyandang disabilitas pun diharapkan tidak berkecil hati karena belum dapat diterima sebagai CPNS, sebab berbagai pekerjaan masih banyak menanti dan akan menghantarkan pada kesuksesan.

Dia mengatakan kaum disabilitas harus membuktikan kepada semua pihak bahwa mampu bersaing dengan orang normal lainnya, dan Dinsos Kalteng akan selalu mendukung apapun upaya yang dilakukan.

"Dinsos Kalteng kan sering membuat kegiatan bimbingan kewirausahaan kepada kaum disabilitas. Itu harus benar-benar dimanfaatkan dan dioptimalkan. Tidak harus menjadi PNS baru sukses," kata Farid.

Kabid di Dinsos Kalteng itu mengatakan kaum disabilitas tidak hanya dibimbing namun juga diberikan bantuan modal berwirausahan. Hanya, bantuan tersebut tidak langsung diberikan kepada seluruh kaum disabilitas melainkan bertahap.

Jumlah kaum disabilitas menurut Data dan Informasi Kesejahteraan Sosial (PUSDATIN KESSOS) Kementerian Sosial RI berjumlah 3.508 orang yang tersebar di seluruh Kabupaten/kota.

"Kalau diberikan sekaligus, dananya tidak ada. Harapannya kaum disabilitas yang mendapat bantuan itu bisa mengoptimalkan dan membantu disabilitas lainnya," demikian Farid.




(T.KR-JWM/B/N005/N005)