Pemkab Barito Utara Jamin 28.000 Warga Miskin

id Pemkab Barito Utara Jamin 28.000 Warga Miskin

Pemkab Barito Utara Jamin 28.000 Warga Miskin

Ilustrasi, (Istimewa)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, pada tahun 2015 akan menjamin sebanyak 28.000 jiwa warga miskin untuk menjadi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

"Pendataan calon peserta BPJS ini akan dilakukan oleh pihak kecamatan dan desa, yang nantinya akan diserahkan ke Dinas Kesehatan untuk dilakukan perekapannya," kata Kepala Dinas Kesehatan Barito Utara, Robansyah di Muara Teweh, Jumat.

Data yang diverifikasi itu nanti baru diserahkan ke BPJS Kesehatan untuk di verifikasi agar tidak terjadi kepesertaan ganda.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Muara Teweh, Nopi Hidayat mengatakan, pihaknya siap untuk memverifikasi data warga miskin, yang akan dijamin kesehatannya oleh pemerintah daerah di tahun 2015.

"Kami pada prinsipnya sudah siap tinggal menunggu penyerahan biodata masyarakat yang akan di jamin kesehatannya ke BPJS Kesehatan. Sebab secara teknis verifikasi data masyarakat akan dilakukan menggunakan nomor induk KTP," katanya.

Kemungkinan bila data ganda di verifikasi menggunakan nomor induk KTP sangat kecil kemungkinan bisa terjadi, sebab untuk masing-masing warga mendapat nomor induk KTP yang berbeda-beda.

BPJS Muara Teweh sampai Agustus 2014 belum melayani 290.480 jiwa peserta dari empat kabupaten.

"Lebih dari dua ribuan orang dari 447.300 jiwa jumlah penduduk di empat kabupaten memang masih belum dilayani menjadi peserta jaminan kesehatan nasional (JKN)," kata Nopi.




(T.K009/B/S023/S023)