Kadis PU Kalteng Serahkan Pohon Ke Kampung Asri

id Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kalimantan Tengah Leonard S Ampung, Kadis PU Kalteng Serahkan Pohon Ke Kampung Asri

Kadis PU Kalteng Serahkan Pohon Ke Kampung Asri

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kalimantan Tengah Leonard S Ampung (kanan) saat menyerahkan bantuan tanaman kepada warga Kampung Tegal Sari, Kota Palangka Raya, Sabtu (22/11/2014) (FOTO ANTARA Kalteng/Ronny NT)

Dari 114 pohon itu, 57 bibit pohon palem ditanam pada sisi kiri dan kanan jalan, 57 bibit pohon kelengkeng ditanam di halaman rumah warga, dan 60 buah tong sampah.
Palangka Raya (Antara Kalteng) - Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kalimantan Tengah Leonard S Ampung menyerah ratusan pohon dan tong sampah sebagai upaya mewujudkan percontohan kampung asri yang digagas Betang Jurnalis Bahijau.

Keterbukaan dan respon positif warga Tegal Sari patut diberi apresiasi serta didukung hingga terwujud Kampung Asri tersebut, katanya di Palangka Raya, Senin.

"Sementara ini kami membantu pohon, tong sampah, dan perbaikan gapura. Untuk selanjutnya, silahkan warga dibantu Bajubah desain seperti apa Kampung Asri yang diharapkan," katanya.

Percontohan Kampung Asri merupakan inisiatif sejumlah wartawan di Provinsi Kalteng yang perduli terhadap lingkungan dan membuat satu komunitas Bajubah.

Leonard mengatakan inisiatif dari Bajubah ini langkah positif bagi perkembangan pemukiman yang ada Kalteng, khususnya Palangka Raya. Sebab, pelaksana Kampung Asri sepenuhnya dikerjakan masyarakat yang difasilitasi Bajubah dan dibantu Dinas PU Kalteng.

"Program ini bukan sekadar memberdayakan masyarakat, tapi juga membangkitkan semangat gotong royong yang mulai jarang terjadi di setiap pemukiman, khususnya di perkotaan. Ini langkah positif," katanya.

Dia mengharapkan warga Tegal Sari menjaga dan merawat pohon maupun tong sampah yang telah diberikan itu. Bajubah tetap konsisten melakukan pendampingan hingga terwujudnya Kampung Asri.

Mengenai permintaan perbaikan infrastruktur jalan, silakan disampaikan ke Dinas PU Kalteng. Sebaiknya dikomunikasikan dulu dengan Kelurahan, Kecamatan hingga Pemerintah Kota Palangka Raya, ujarnya.

"Pada Dasarnya kami siap saja memfasilitasi, sepanjang memang diajukan kepada kami. Tapi, ya dikomunikasikan terlebih dahulu ke setiap tingkatan, agar Dinas PU Kalteng bisa mengerjakan," katanya.

Sebelumnya, kepala Bidang Bina Kontruksi DPU Kalteng, Baryen, mengatakan penanaman pohon secara simbolis telah dilakukan pada Sabtu (21/11) di Kampung Asri Pemukiman Tegal Sari tersebut.

Program ini telah memberikan 114 pohon kepada warga Pemukiman Tegal Sari. Dari 114 pohon itu, 57 bibit pohon palem ditanam pada sisi kiri dan kanan jalan, 57 bibit pohon kelengkeng ditanam di halaman rumah warga, dan 60 buah tong sampah.

"Terpenting dari kegiatan bagaimana memberikan edukasi kepada warga. Dinas PU sebagai fasilitasi kegiatan, agar penciptaan ikon kampung asri Pemukiman Tegal Sari, mendorong pemukiman lainnya bertindak yang sama," demikian Baryen.



(T.KR-JWM/B/S019/S019)