Petir Dan Angin Kencang Ancam Kotawaringin Timur

id Petir Dan Angin Kencang Ancam Kotawaringin Timur, BMKG

Petir Dan Angin Kencang Ancam Kotawaringin Timur

Ilustrasi, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika - BMKG (Istimewa)

BMKG meminta masyarakat mewaspadai cuaca buruk yaitu hujan lebat, petir dan angin kencang,"
Sampit (Antara Kalteng) - Masyarakat Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, diingatkan mewaspadai hujan lebat yang makin sering terjadi karena berpotensi disertai petir dan angin kencang.

"Saat ini masa peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan. BMKG meminta masyarakat mewaspadai cuaca buruk yaitu hujan lebat, petir dan angin kencang," kata Kepala Stasiun Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Bandara Haji Asan Sampit, Yulida Warni di Sampit, Senin.

Saat seperti sekarang, perubahan cuaca bisa terjadi dalam waktu relatif singkat. Awan commulunimbus yang menjadi sumber hujan sangat mudah terbentuk akibat pemanasan sehingga menimbulkan hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang.

Angin kencang yang muncul harus diwaspadai karena berkecepatan antara 15 sampai 20 knot atau berkisar 35 km/jam. Prediksi BMKG, beberapa titik rawan di antaranya kawasan perkebunan kelapa sawit di Jalan Jenderal Sudirman Kotim dan kawasan Danau Sembuluh Seruyan.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, masyarakat disarankan berteduh di tempat-tempat yang tidak mudah roboh atau runtuh akibat terjangan angin kencang.

Pohon-pohon peneduh yang sudah tua harus dipotong karena sangat rawan patah atau tumbang akibat angin kencang. Masyarakat harus menghindari pohon tua agar tidak tertimpa pohon jika pohon tumbang.

"Hujan lebat disertai petir dan angin kencang masih berpotensi terjadi hingga sepekan ke depan. Ini umumnya di kawasan daratan, sedang di laut tidak terlalu rawan sehingga nelayan relatif aman," kata Yulida.

Safri, warga Jalan HM Arsyad mengaku cukup khawatir saat terjadi hujan deras disertai petir pada Minggu malam. Pasalnya bunyi petir sangat keras sehingga dikhawatirkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Suaranya itu sangat keras, membuat takut. Di dalam rumah saja takut mendengarnya, apalagi kalau berada di luar rumah. Mudah-mudahan cuaca buruk seperti itu tidak terjadi lagi," katanya.

Saat musim seperti ini, masyarakat disarankan untuk tidak memaksakan diri beraktivitas di luar rumah jika sedang terjadi cuaca buruk. Berlindung di tempat aman adalah pilihan yang tepat untuk menghindari hal yang tidak diinginkan saat terjadi hujan lebat disertai petir dan angin kencang.



(T.KR-NJI/C/H-KWR/H-KWR)