Kalteng Disesalkan Tidak Ikuti Inovasi Pelayanan Publik

id Kalteng Disesalkan Tidak Ikuti Inovasi Pelayanan Publik, kalteng

Kalteng Disesalkan Tidak Ikuti Inovasi Pelayanan Publik

ist (istimewa)

Tidak ikutnya Kalteng dalam kompetisi itu seolah menunjukkan bahwa Kalteng tidak ada membuat inovasi dalam melayani publik,"
Palangka Raya (Antara Kalteng) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menyesalkan tidak ikutnya provinsi Kalimantan Tengah dalam kompetisi inovasi pelayanan publik tahun 2014.

"Tidak ikutnya Kalteng dalam kompetisi itu seolah menunjukkan bahwa Kalteng tidak ada membuat inovasi dalam melayani publik," kata Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan-RB Mirawati Sudjono saat sosialisasi Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2015, Palangka Raya, Rabu.

"Padahal kompetisi itu mendapat apresiasi dunia, bahkan Amerika Serikat telah meminta hasilnya. Sangat disayangkan saja Kalteng tidak berkontribusi," tambah Mirawati.

Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik tahun 2014 yang diselenggarakan Menpan-RB tersebut menerima sekitar 515 inovasi dari seluruh pemerintah kabupaten/kota bersama provinsi se-Indonesia.

Dia mengatakan seluruh inovasi yang diterima tersebut pun diseleksi dan dimasukkan dalam buku TOP 99 oleh Kemenpan-RB, "Buku ini yang diminta sama negara Amerika dan negara-negara Asean lainnya," ucapnya.

Direktur di Kemenpan-RB itu menduga ketidakikutannya Kalteng di kompetisi Inovasi Pelayanan Publik akibat minimnya informasi maupun sosialisasi dari Panitia Pelaksana.

"Saya berharap di tahun 2015 Pemerintah Kabupaten/Kota maupun Provinsi se-Kalteng dapat mengikuti kompetisi tersebut. Saya yakin banyak inovasi yang telah di buat Kalteng," demikian Mirawati.

Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang mengaku terkejut dengan adanya kompetisi Inovasi Pelayanan Publik tahun 2014, karena selama ini tidak ada informasi tentang event strategis tersebut.

"Jujur, saya tidak tahu ada kompetisi seperti ini. Tidak ada satupun staff yang memberitahukan saya tentang event strategis ini. Kami ini sebenarnya suka berkompetisi," tambah dia.

Teras Narang pun meminta Sekretaris Daerah dan Asisten Pemerintah Provinsi diminta selalu memantau serta menyampaikan apabila ada event strategis tingkat nasional.

"Saya tidak ingin Kalteng tertinggal lagi dengan event-event strategis tingkat nasional," demikian dia.


(T.KR-JWM/B/M009/M009)