Legislator Optimis APBD 2015 Selesai Tepat Waktu

id Legislator Optimis APBD 2015 Selesai Tepat Waktu, apbd, sigit

Legislator Optimis APBD 2015 Selesai Tepat Waktu

Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto (Foto ANTARA Kalteng/Ronny NT)

Paling lambat tanggal 4 Desember 2014 kita akan melakukan rapat kembali bersama badan anggaran (Banggar) DPRD setempat. . ."
Palangka Raya (Antara Kalteng) - Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sigit K Yunianto mengatakan optimis anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) tahun anggaran 2015 bisa selesai tepat waktu.

"Paling lambat tanggal 4 Desember 2014 kita akan melakukan rapat kembali bersama badan anggaran (Banggar) DPRD setempat, setelah itu kita akan paripurnakan," kata Sigit di Palangka Raya, Kamis.

Pihaknya juga optimis APBD sebesar Rp1 triliun pada 2015 nanti khususnya di Kota Palangka Raya segera diselesaikan dengan tepat waktu tanpa harus menunggu lama. Dan itu sesuai dengan ketentuan serta aturan yang berlaku.

Saat ini pihaknya benar-benar menggenjot pembahasan rancangan APBD setelah diajukan pihak eksekutif. Pembahasan nota keuangan dan RAPBD bahkan dilakukan siang dan malam.

Sigit menjelaskan, RAPBD tahun anggaran 2015 juga masih banyak tersedot untuk sektor pendidikan, infrastruktur, dan kesehatan. Tapi tak sedikti pula untuk sektor pariwisata guna mewujudkan kota setempat sebagai kota wisata, sebagaimana visi dan misi kepala daerah/wakil kepala daerah setempat.

"Ke depan untuk belanja langsung harus lebih besar dibandingkan dengan belanja tidak langsung. Dengan begitu, biaya untuk pembangunan akan lebih banyak. Sebab selama ini anggaran cenderung lebih banyak tersedot untuk membayar gaji dan belanja rutin pegawai dibandingkan dengan untuk membiayai pembangunan," ucap Politisi PDIP itu.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Palangka Raya Mofit Saptono Subagio menyampaikan, pendapatan daerah tahun 2015 mendatang ditargetkan sebesar Rp1,040 triliun, sedangkan belanja Rp1,098 triliun, dengan pembiayaan netto sebesar Rp57,7 miliar.

Menurut Mofit, dalam struktur APBD tahun anggaran 2015, pendapatan daerah ditopang oleh pendapatan asli daerah yang ditargetkan Rp110 miliar, pajak daerah Rp80 miliar, retribusi daerah Rp12,7 miliar, hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan Rp1 miliar, serta lain-lain PAD yang sah Rp15,8 miliar.



(T.KR-RON/B/A029/A029)