Legislator Barut Dukung Perbaikan Rumah Guru

id Legislator Barut Dukung Perbaikan Rumah Guru, nadalsyah

Legislator Barut Dukung Perbaikan Rumah Guru

Bupati Barito Utara, Nadalsyah (Istimewa)

. . .rencananya untuk tahun anggaran 2015 yang akan datang banyak rumah dinas guru yang akan kita bangun di sembilan kecamatan,"
Muara Teweh (Antara Kalteng) - Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah mendukung rencana pemerintah daerah tahun 2015 memprioritaskan pembangunan sarana pendidikan terutama rumah guru.

"Kami sangat mendukung program pemerintah salah satunya memperbaiki atau membangun perumahan-perumahan dinas guru yang rusak atau tidak layak huni di desa dan pedalaman tahun depan," kata anggota DPRD Barito Utara (Barut), Abri di Muara Teweh, Jumat.

Menurut Abri, selama ini alasan guru-guru tidak tinggal di desa tempatnya mengajar, karena perumahan dinas gurunya tidak layak untuk dihuni, sehingga mengakibatkan proses belajar-mengajar di sekolah menjadi kurang aktif.

Sehingga dengan adanya salah satu program prioritas ini tidak ada alasan lagi bagi para tenaga pendidikan malas mengajar.

"Mari kita dukung program pemerintah ini guna meningkatkan kualitas pendidikan di daerah ini," kata Abri yang juga politisi dari Partai Persatuan Pembangunan ini.

Sementara Bupati Barito Utara, Nadalsyah mengatakan pemerintah daerah tahun depan mengalokasikan dana sektor pendidikan diusulkan sebesar Rp61 miliar untuk peningkatan serta pemeliharaan sarana dan prasarana sekolah.

"Diharapkan anggaran tersebut untuk penghapusan semua jenis pungutan terhadap siswa didik pada jenjang SD, SLTP dan SLTA Negeri di Barito Utara," katanya.

Tahun 2014 ini, pihaknya telah membangun rumah dinas guru sebanyak empat unit dan melakukan rehabilitasi sebanyak 14 unit rumah guru yang tersebuar di sembilan kecamatan di daerah ini.

"Untuk membangun empat unit dan rehabilitasi 14 unit rumah dinas guru tersebut menelan anggaran sekitar Rp2,4 miliar. Dan rencananya untuk tahun anggaran 2015 yang akan datang banyak rumah dinas guru yang akan kita bangun di sembilan kecamatan," kata Nadalsyah.



(T.K009/B/E001/E001)