Damri Rencanakan Buka Trayek Kuala Pembuang-Palangka Raya

id Damri Rencanakan Buka Trayek Kuala Pembuang-Palangka Raya, damri

Damri Rencanakan Buka Trayek Kuala Pembuang-Palangka Raya

Armada Bus Damri (ANTARA FOTO/Fanny Octavianus) Istimewa

. . .Rencananya pada 2015 akan segera dioperasikan sebanyak satu armada bus,"
Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Perusahaan Umum Damri di Kabupaten Seruyan, Provinsi Kalimantan Tengah merencanakan akan membuka trayek baru yakni Kuala Pembuang menuju Kota Palangka Raya.

"Saat ini rencana penambahan trayek tersebut masih dalam proses. Rencananya pada 2015 akan segera dioperasikan sebanyak satu armada bus," kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Seruyan Pincianto di Kuala Pembuang, Rabu.

Dia menegaskan bahwa trayek baru dengan tujuan Kota Cantik itu bersifat komersil, tanpa ada subsidi dari pemerintah seperti pada trayek Kuala Pembuang-Sampit serta Sampit-Pambuang Hulu, dan penentuan tarif nantinya akan mengikuti harga pasar.

Trayek baru ini (Kuala Pembuang-Palangka Raya) diharapkan dapat membantu mempermudah sarana transportasi masyarakat yang bepergian antarkota di provinsi yang dijuluki "Bumi Tambun Bungai" tersebut.

"Untuk rute Kuala Pembuang-Sampit dan Sampit-Pambuang Hulu yang merupakan perintis masih disubsidi pemerintah. Namun, untuk rute menuju Kuala Pembuang-Palangka Raya nanti akan dikenakan tarif komersil," katanya.

Meski sudah diputuskan bahwa trayek Kuala Pembuang ke Palangka Raya akan menggunakan tarif komersil, tapi hingga kini besarnya tarif dan jenis bus serta jadwal keberangkatan masih belum ditentukan.

"Tapi yang pasti, Damri sudah menyampaikan usulan dan minta rekomndasi dari Pemerintah Seruyan. Pada prinsipnya kita mendukung, selama itu untuk kemajuan transportasi di Seruyan," kata dia.

Ia berharap, pembukaan jalur ke berbagai daerah dengan berbagai jenis sarana transportasi, maka diharapkan dapat memberikan banyak pilihan bagi masyarakat dengan menyesuaikan tingkat ekonomi yang mereka miliki serta kebutuhan yang inginkan.

"Dengan berbagai jenis transportasi di Seruyan akan memberikan banyak pilihan bagi masyaraka. Ada pesawat, bus, dan kendaraan travel, masing-masing punya segmentasi sendiri-sendiri. Artinya penggunanya adalah kalangan yang berbeda-beda," katanya.



(T.KR-JWM/B/S019/S019)