Kepala Desa: Jembatan Talekoi-Bundar Perlu Perbaikan

id Jembatan Talekoi-Bundar Perlu Perbaikan

Kepala Desa: Jembatan Talekoi-Bundar Perlu Perbaikan

Ilustrasi, (Istimewa)

...kondisi rusaknya jembatan yang menghubung dua desa itu sudah berlangsung selama dua tahun terakhir namun hingga saat ini masih belum diperbaiki.
Buntok (Antara Kalteng) - Jembatan penghubung antara Desa Bundar dan Talekoi di Kecamatan Dusun Utara, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, hingga saat ini masih rusak sehingga perlu perbaikan.

"Timbunan tanah pada bagian ujung jembatan tersebut longsor dan menyulitkan warga untuk melewatinya," kata Kepala Desa Talekoi, Aljinus, di Buntok, Jumat.

Ia mengatakan, kondisi rusaknya jembatan yang menghubung dua desa itu sudah berlangsung selama dua tahun terakhir namun hingga saat ini masih belum diperbaiki.

"Supaya mudah dilewati, pada bagian ujung jembatan hanya dibuat titian secara swadaya oleh masyarakat dua desa tersebut," ujarnya.

Oleh karena itu, ia mengharapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Selatan dapat memperbaiki jembatan itu sehingga mudah dilewati oleh warga dua desa tersebut.

"Jembatan tersebut sangat penting karena dilewati murid SMP menuju sekolah. Selain itu juga digunakan warga desa menuju ke kebun untuk menyadap karet dan mengangkut hasil perkebunan," katanya.

Sementara itu, anggota DPRD Barito Selatan dari dapil III, Ensilawati K Wijaya mengatakan pihaknya sudah melihat langsung kondisi jembatan tersebut pada saat reses beberapa waktu lalu.

"Kondisinya memang sangat memprihatinkan dan memerlukan penanganan secepatnya sehingga mudah dilalui oleh warga dengan aman," ujar politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu.

Ia mengatakan, untuk perbaikan jembatan tersebut sudah dimasukkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Barito Selatan tahun 2015.



(T.KR-BYU/B/E005/E005)