Dinkes Barsel: Waspada Penyakit Saat Perayaan Natal

id Dinkes Barsel: Waspada Penyakit Saat Perayaan Natal, natal, makanan

Dinkes Barsel: Waspada Penyakit Saat Perayaan Natal

Ilustrasi, (FOTO ANTARA/Lucky.R) Istimewa

Buntok (Antara Kalteng) - Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah meminta masyarakat mewaspadai kemungkinan terkena penyakit yang bersumber dari makanan atau minuman saat perayaan Natal.

Kepala Dinas Kesehatan Barsel, drg Daryomo Sukiastono, meminta masyarakat mewaspadai penyakit yang bersumber dari makanan atau minuman saat perayaan Natal 25 Desember nanti.

"Apalagi bagi seseorang yang memiliki penyakit yang bisa kambuh akibat memakan sesuatu yang seharusnya tidak boleh dimakan," kata Daryomo, di Buntok, Minggu.

Ia mencontohkan seperti penderita diabetes harus bisa menjaga kadar karbohidrat makanan yang dikonsumsinya sehingga keseimbangan antara karbohidrat dan protein terjaga.

Demikian halnya bagi penderita tekanan darah tinggi, kencing manis, diharapkan jangan memakan makanan yang memiliki kandungan gula yang tinggi maupun makanan yang banyak mengandung lemak seperti daging dan gorengan.

"Karena penyakit seperti hipertensi bisa muncul tiba-tiba akibat pola makan yang tidak dijaga," ucapnya.

Untuk itu Daryomo mengimbau kepada masyarakat agar dapat menjaga pola makan demi kesehatan, sebab apalah artinya suasana natal dan Tahun Baru apabila kondisi kesehatan terganggu.

Selain itu dia juga mengimbau masyarakat supaya lebih berhati-hati dalam memilih makanan maupun minuman kemasan dan jangan membeli makanan atau minuman yang sudah kedaluwarsa.

"Kita juga meminta kepada masyarakat untuk tidak membeli makanan dan minuman kemasan yang tidak mencantumkan masa berlakunya dan hal itu untuk menghindari makanan kadaluwarsa," katanya.



(T.KR-BYU/B/N005/N005)