Dinas PU Barut Lelang Proyek Rp179,6 Miliar

id Dinas PU Barut Lelang Proyek Rp179,6 Miliar, PU

Ratusan paket proyek itu berasal dari enam bidang yang dilakukan secara bertahap,"
Muara Teweh (Antara Kalteng) - Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, dalam waktu dekat melakukan lelang pekerjaan proyek konstruksi sebanyak 244 paket tahun anggaran 2015 senilai Rp179,6 miliar.

"Ratusan paket proyek itu berasal dari enam bidang yang dilakukan secara bertahap," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Barito Utara (Barut), Ferry Kusmiadi di Muara Teweh, Selasa.

Menurut Ferry, dana proyek itu bersumber dari belanja tidak langsung (BTL) dengan alokasi Rp7,9 miliar.

Sedangkan belanja langsung (BL), untuk sekretariat, pagu bidang Rp4,1 miliar, dengan jumlah paket pekerjaan kontruksi hanya satu paket dengan pagu pekerjaan kontruksi Rp790,5 juta.

"Kami harapkan lelang proyek ini berjalan lancar sesuai aturan yang berlaku, sehingga pekerjaan dapat dilaksanakan sesuai waktu yang ditentukan," katanya.

Ferry menjelaskan untuk bidang Bina Marga dialokasikan sebesar Rp116,7 miliar dengan paket pekerjaan 131 paket dan pagu pekerjaan kontruksi Rp63,7 miliar.

Kemudian bidang Cipta Karya, sebesar Rp20,5 miliar dengan jumlah paket pekerjaan kontruksi sebanyak 74 paket, dengan pagu pekerjaan kontruksi sekitar Rp17,6 miliar.

Bidang Sumber Daya Air (SDA) dialokasikan Rp8,2 miliar dengan jumlah pekerjaan sebanyak 30 paket dengan pagu pekerjaan kontruksi Rp7,1 miliar. Bidang Tata Kota Rp20,9 miliar dengan jumlah paket pekerjaan delapan paket dengan pagu pekerjaan kontruksi Rp11,7 miliar.

"Untuk bidang Tata Ruang dianggarkan Rp7,5 miliar serta bidang Peralatan dan Perbekalan Rp1,4 miliar. Dua bidang ini masih belum memberikan berapa paket kontruksi yang ada di bidangnya," jelas Ferry.

Dia mengatakan lelang tahap I pada Kamis (22/1), dilaksanakan rencana tayang (pengumuman lelang), karena sebelumnya pada tanggal 5-8 Januari 2015, dilaksanakan rencana umum pengadaan (RUP) dan tanggal 12-15 Januari 2015 dilaksanakan rencana pelaksanaan pelelangan (RPP) (pelimpahan lelang).

Ada tujuh paket pekerjaan kontruksi yang mengikuti Kickoff tanda tangan kontrak pada tanggal 22 Januari 2015 di aula Bappeda Barito Utara secara simbolis.Tujuh paket tersebut merupakan paket pengadaan langsung.

"Dua paket di bidang Bina Marga dengan nilai kontrak sebesar Rp371 juta lebih dan lima paket di bidang Cipta Karya dengan nilai kontrak sebesar Rp783,4 juta," kata Ferry Kusmiadi.


(T.K009/B/F002/F002)