BPJS Muara Teweh Jamin Kesehatan Warga Miskin

id BPJS Muara Teweh Jamin Kesehatan Warga Miskin, BPJS

BPJS Muara Teweh Jamin Kesehatan Warga Miskin

Ilustrasi, (Istimewa)

Kami siap bersinergi dengan pemerintah daerah untuk capai target pembangunan bidang kesehatan dengan penjaminan pelayanan kesehatan,"
Muara Teweh (Antara Kalteng)- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan cabang Muara Teweh Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah siap mendukung pemerintah daerah untuk menjamin kesehatan warga miskin setempat.

"Kami siap bersinergi dengan pemerintah daerah untuk capai target pembangunan bidang kesehatan dengan penjaminan pelayanan kesehatan," kata Kepala Unit Pemasaran BPJS Muara Teweh, Rahmatul Jannah, Sabtu.

Menurut Rahmatul, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan setempat untuk menjangkau masyarakat miskin dalam mendapatkan jaminan kesehatan yang diberikan pemerintah daerah melalui BPJS.

Saat ini, jumlah masyarakat yang terdaftar di BPJS berjumlah 55.1177 jiwa dari jumlah masyarakat Barito Utara sekitar 120.000 jiwa.

"Dari 55.177 yang terdaftar terdapat 29.468 orang yang dijamin pemerintah daerah maupun pusat berupa penerima bantuan iuran yang sebelumnya terdaftar dari peserta Jamkesmas dan Jamkesda pada tahun 2014," katanya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Barito Utara, Robansyah mengatakan bahwa pada tahun 2015 pemerintah daerah telah menyediakan anggaran sebesar Rp7,8 miliar untuk warga miskin dan kurang mampu didaftarkan ke BPJS Kesehatan.

Dana tersebut untuk 34.209 warga miskin tersebar di smebilan kecamatan dan ini merupakan komitmen dari Pemkab Barito Utara yang setiap tahunnya.

"Tahun ini, Pemkab Barito Utara berkomitmen melalui BPJS Kesehatan untuk menjaminkan masyarakat Barito Utara yang diusulkan Pemkab untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan yang iurannya akan dibayarkan oleh pemerintah daerah melalui Dinas Kesehatan," ujarnya.



(T.K009/B/I006/I006)